Tambahan Produksi Jagung 3,3 Juta Ton, Tak Perlu Impor

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Februari 2019 - 05:00 WIB

Petani jagung
Petani jagung

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para petani jagung yang telah memproduksi tambahan pasokan komoditas pangan itu hingga 3,3 juta ton sehingga Indonesia tidak perlu lagi mengimpor jagung.

"Saya ingin terima kasih sebesar-besarnya kepada para petani jagung. Pada 2014 kita impor 3,5 juta ton jagung, tahun 2018 kita impor hanya 180 ribu ton jagung. Artinya ada produksi 3,3 juta ton jagung. Ini sebuah lompatan besar," kata Jokowi saat memaparkan visi/misinya dalam Debat Capres 2019 Putaran kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019)

Jokowi menuturkan ketersediaan, stok hingga stabilitas harga pangan harus bisa terus dijaga.

Khusus untuk topik lingkungan hidup, petahana itu ingin agar kebakaran hutan, lahan dan lahan gambut tidak lagi terjadi. Ia mengklaim dalam tiga tahun terakhir masa kepemimpinannya tidak lagi terjadi kebakaran hutan, lahan dan gambut.

"Ini (kebakaran lahan) sudah bisa kita atasi. Itu kerja keras kita semuanya," ujarnya.

Jokowi menambahkan sebagai tambahan untuk dedikasi atas isu lingkungan hidup, ia juga ingin megurangi sampah pplastik baik di sungai maupun laut.

"Saya kira itu adalah dedikasi tinggi kami untuk Indonesia maju," tuturnya.

Debat capres putaran kedua ini diselenggarakan di Hotel Sultan, pada Minggu (17/2) malam, yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB.

Tema yang diangkat pada debat kedua tersebut adalah infrastruktur, energi dan pangan, serta sumber daya alam dan lingkungan hidup. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Kamis, 21 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Tawarkan Peluang Magang Bersertifikat untuk 9.000 Mahasiswa

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi membuka kesempatan bagi 9.000 mahasiswa untuk mengikuti program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) guna mengembangkan diri dan menjajal dunia kerja…

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:00 WIB

Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian BUMN menjalin kerjasama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…