Produksi Beras Nasional Hingga Maret 14,29 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Februari 2019 - 12:30 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian memproyeksi potensi produksi beras nasional untuk masa panen periode Januari-Maret 2019 sebesar 14,29 juta ton yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.

"Pada bulan Februari ada 4,5 juta ton, sedangkan Maret 2019 sebayak 7,3 juta ton sehingga terdapat 14,2 juta ton beras yang potensi untuk dilakukan serap gabah dalam mengisi cadangan beras pemerintah, terutama di Bulog," kata Kepala Bidang Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementan Nita Yulianis dalam diskusi di Menara Kadin Jakarta, Kamis (14/3/2019)

Nita seperti dilansir Antara merinci potensi produksi beras pada Januari sebesar 2,47 juta ton, Februari sebesar 4,5 juta ton dan puncak masa panen pada Maret sebesar 7,3 juta ton, sehingga total potensi sebesar 14,29 juta ton.

Ada pun dari total potensi produksi beras nasional tersebut, target serapan gabah oleh pemerintah selama Januari-Maret 2019 hanya 10 persen atau sebesar 1,46 juta ton.

Sementara itu, target serap gabah (sergab) nasional sepanjang 2019 adalah sebesar 1,83 juta ton. Artinya, penyerapan gabah pada musim panen Januari-Maret 2019 telah memenuhi 80 persen dari target sergap nasional.

Sesuai dengan rapat koordinasi serap gabah, ada 12 provinsi yang menjadi fokus potensi produksi dan target sergab oleh Bulog selama Januari-aret 2019. Provinsi tersebut yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, NTB, dan Sulawesi Selatan serta Sulawesi Barat.

Provinsi dengan potensi produksi padi terbesar adalah Jawa Timur sebesar 4,6 juta ton gabah kering giling (GKG), diikuti dengan Jawa Tengah sebesar 3,98 juta ton, dan Jawa Barat sebesar 3,2 juta ton.

Ada pun saat ini Bulog masih memiliki stok cadangan beras pemerintah sebesar 2,1 juta ton. Dengan adanya penyerapan gabah ini, stok beras bisa bertambah hingga 3,7 juta ton.

Dalam percepatan sergab, Kementan dan Bulog telah menyiapkan sejumlah strategi, antara lain penyiapan 66 unit pengolahan gabah/beras Bulog, kesiapan anggaran pembelian gabah/beras dan penyiapan 1.507 unit gudang operasional Bulog.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…