Ekki Soekarno DKK Siap Gelar IDPFEST ke 4 di TIM

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 15 Februari 2019 - 10:21 WIB

Ekki Soekarno (kiri) bersama drumer senior saat mengumumkan peneyelenggaraan IDPFest 2109
Ekki Soekarno (kiri) bersama drumer senior saat mengumumkan peneyelenggaraan IDPFest 2109

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Kegigihan Ekki Soekarno dalam mewujudkan gelaran Indonesia Drum & Perkusi Festival (IDP Fest) sudah mulai membuahkan hasil. Ajang pameran sekaligus kompetisi alat musik tabuh kehadirannya sudah banyak dilirik banyak sponsor dan lembaga pemerintah. "Alhamdulillah apa yang kami impikan, agar IDPFEST diapresiasi banyak orang mulai membuahkan hasil. Ajang kebanggaan kami sebagai drummer bisa berlangsung hingga tahun ke empat tahun ini," ujar Eki sebagai Founder sekaligus ketua panitia IDPFEST ketika bincang dengan awak media di Hotel Rivoli Kamis (14/2).

Tahun ini  IDPFEST sendiri akan digelar pada 28-31 Maret mendatang di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Dalam gelaran kali ini ada suguhan yang sangat berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Selain Kompetisi Drum yang terbuka untuk umum dengan klasifikasi Balita (4-6 thn), Anak (7-12 thn), dan Remaja (13-19 thn); Kompetisi Kolaborasi Drum & Perkusi dalam format 2 s/d 12 orang;  Pameran Alat Musik, Drum & Perkusi Indonesia; Klinik-Klinik, Diskusi, Pementasan, Penghargaan, dan lainnya.   Ada juga  kehadiran ‘Ansambel Perkusi Difabel’. mereka yang terdiri dari anak-anak berkebutuhan khusus yakni down syndrome, dimana mereka memiliki range IQ relatif lebih rendah dibanding rata-rata anak yang normal, akan menunjukan kepiawaianya bermain alat musik perkusi.

Eki menjelaskan, pada dasarnya musik itu bisa dimainkan oleh siapa saja, termasuk anak yang berkebutuhan khusus. “Justru musik sebagai media, mampu mendorong bekerjanya motorik dengan cepat. Dengan bermusik tumbuh rangsangan emosional, yang menggerakan pikiran dan tindakan,” jelas Eki.

Ditambahkannya, IDP Festival diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan potensi generasi penerus dalam melestarikan perkusi sebagai identitas budaya Indonesia. Acara ini juga dimaksudkan untuk regenerasi dan mencari bibit-bibit baru yang mampu meneruskan kiprah para pendahulunya.  

Sebagai sebuah komunitas para musisi, IDP termasuk cukup besar karena ada perwakilan di setiap daerah, termasuk paling solid dan konsisten menggelar kegiatan, termasuk IDP Fest ini. IDP Fest tidak sekedar festival biasa, tapi menciptakan sebuah karya lewat dokumentasi tulisan sebagai artefak. Misal, tahun ini membuat sebuah buku yang di garap sederhana saja tentang drummer wanita Indonesia. Buku ini nantinya menjadi oleh-oleh untuk para pengunjung IDP Fest, tentunya mereka harus membeli sebagai bentuk apresiasi.

"Karena IDPFEST ajang menarik penuh inspirasi, maka Forwan mendukung setiap IDPFEST digelar. " Ujar Sutrisno Buyil Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (Forwan). Buyil menyampaikan bahwa anggota Forwan diajak terlibat tidak hanya sebagai peliput tetapi juga menjadi mitra yang memberikan kritik dan masukan agar IDP Fest bisa terus berjalan dengan kontinyu dan bertambah baik. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:00 WIB

Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian BUMN menjalin kerjasama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…