Pabrikan Otomotif Besar akan Investasi di RI Senilai US$ 800 Juta

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 13 Februari 2019 - 10:32 WIB

Ilustrasi pabrik mobil (Foto Ist)
Ilustrasi pabrik mobil (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -   Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan produsen otomotif besar akan berinvestasi di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dana yang ditanamkan untuk membangun pabrik kendaraan di Tanah Air mencapai USD 800 juta.

Meski masih enggan menjelaskan secara detail soal produsen otomotif tersebut, namun Airlangga memastikan telah ada komitmen untuk berinvestasi di Indonesia. Sementara, informasi yang beredar selama ini produsen otomotif yang akan masuk ke Indonesia di tahun ini, yaitu Hyundai.

"Akan ada masuk investasi yang sudah secara lisan di pipeline itu akan masuk salah satu perusahaan besar akan masuk USD800 juta di otomotif," ujar dia di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Menurut dia, tidak hanya memproduksi kendaraan konvensional, produsen otomotif tersebut juga akan mengembangkan mobil listrik di dalam negeri. Hal ini dinilai menjadi langkah yang berani mengingat pasar dan infrastruktur mobil listrik di Indonesia sendiri masih belum siap sepenuhnya.

"Mereka juga sudah komitmen membangun industri elekctric vehicle di indonesia dengan target produksi di 2022 dan di 2025 20 persen electric vehicle," kata dia.

Namun demikian, lanjut Airlangga, produsen otomotif ini masih menunggu insentif yang akan diberikan pemerintah jika berinvestasi di Indonesia. Salah satunya soal keringanan pajak.

"Ada beberapa paket (kebijakan) lagi yang akan diloloskan yaitu terkait dengan mobil listrik, vokasi dan penelitian. Itu yang ditunggu," tandas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…