CNMP Group Akan Bangun Jalur Tol Khusus Motor di Medan dan Bandung

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 09 Februari 2019 - 10:25 WIB

Foto Ilustrasi Tol Khusus motor
Foto Ilustrasi Tol Khusus motor

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana membuka jalur khusus bagi sepeda motor di jalan tol yang akan mereka bangun pada tahun ini di Medan dan Bandung. Rencana tersebut diungkapkan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menerima kunjungan CEO CMNP Tito Sulistio di Gedung DPR, Kamis (7/2/2019).

Bamsoet pun mendukung rencana tersebut. “Sudah sepantasnya pengelola jalan tol tidak hanya mengejar profit namun juga memberikan solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat,” kata Politisi Golkar ini dalam siaran persnya, Jumat (8/2/2019).

Gagasan diperbolehkannya sepeda motor beroperasi di jalan tol selama ini memang datang dari Bamsoet. Dasar gagasan itu bersumber dari volume kendaraan roda dua di Indonesia yang mencapai 120 juta unit. Dengan masuk tol, akan memberikan akses mudah bagi pesepeda motor menempuh jalur cepat dari rumah dan ke tempat kerja.

Bamsoet menekankan, pengelola jalan tol sepatutnya tidak hanya mengejar keuntungan semata. Mereka seyogyanya ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas masyarakat yang masih tinggal di pinggiran kota.

“Yang mereka hanya memiliki atau motor untuk bisa pulang pergi dari rumah ke tempat kerjanya dengan tingkat keselamatan dan kepastian waktu karena mudah diprediksi,” ujar Bamsoet.

Bamsoet menekankan untuk lebih menjamin kenyamanan pengguna jalur khusus motor roda dua, jika perlu motor gede (moge) dilarang masuk tol khusus motor pada hari-hari kerja. Moge cukup diizinkan untuk melalui jalur motor di jalan tol pada hari libur saja. Sedangkan pada hari kerja khusus sepeda motor bermesin kecil yang diizinkan.

“Karena mereka berangkat kerja atau pulang kerja. Sedangkan moge biasanya hanya dipakai untuk keperluan rekreasi para penggemar di hari libur,” tandasnya.

Tito, menurut Bamsoet, dalam pertemuan tersebut memaparkan rencana jalan tol yang akan dibuka CMNP Group dalam waktu dekat ini. Pertama, jalan tol dalam kota sepanjang 11 km di Kota Medan menyusuri Talud Sungai Deli dari Maimoon sampai ke Binjai. Pembangunan dimulai Juni 2019 mendatang.

Kedua, CMNP Group juga akan membuka tol baru dengan fasilitas jalur khusus kendaraan roda dua di Bandung sepanjang 14 km. Dari Pasir Koja ke Pasopati yang segera dimulai pada Maret 2019.

Asal tahu saja, CMNP berdiri pada 13 April 1987. Perusahaan ini merupakan konsorsium, terdiri dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang infrastruktur, khususnya pengusahaan jalan tol dan bidang terkait lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:00 WIB

Rp5 Miliar Disiapkan Pemprov Papua untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:50 WIB

KPK Benarkan Amankan Direktur Krakatau Steel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak empat orang terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga berhubungan dengan salah satu Direktur Krakatau Steel.

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…