PTPP dan WIKA Bersinergi Kembangkan Kompleks Komersial Milik Sarinah

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Februari 2019 - 16:14 WIB

PT Sarinah (Persero)
PT Sarinah (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk bersinergi membangun serta mengembangkan kompleks komersial yang berlokasi di lahan milik Sarinah di Jalan M.H. Thamrin No. 11, Jakarta Pusat. 

Direktur Utama Sarinah, GNP Sugiarta Yasa mengatakan, pembangunan dan pengembangan lahan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Sarinah sebagai salah satu simbol kebanggaan Indonesia. Adapun, nilai proyek ditaksir sekitar Rp1,8 triliun. 

“Untuk memenuhi pendanaan tersebut, kami akan pinjam bank BUMN sekitar 70% dan kas internal 30%,” kata Sugiarta usai MoU di Kementerian BUMN, Jumat (8/2/2019).

Rencananya, PTPP dan WIKA membangun dua tower yang diperkirakan rampung dalam waktu 30 bulan. Pemancangan tiang perdana akan dilakukan bulan depan. Konsep kompleks komersial yang diusung Sarinah adalah gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, serta pusat hiburan. 

“Dengan adanya pembangunan dan pengembangan kompleks komersial ini dapat meningkatkan penjualan Sarinah sekitar 4 kali lipat,” ujarnya. 

Kedepannya, sambung dia, Sarinah akan memperbesar porsi ritel seperti usaha kecil menengah (UKM) agar mendorong perekonomian Indonesia. Saat ini, porsi trading di Sarinah memguasai 70%. 

“Tentunya, kami ingin mengembalikannya ke ritel. Kalau kita lihat dari APBN yang mencapai Rp2.100 triliun, sekitar Rp300 triliun adalah ritel. Makanya akan kita tingkatkan porsi ritelnya,” paparnya.

Sementara, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Kawasan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah menambahkan, dengan adanya pembangunan dan pengembangan kompleks komersial ini, bisnis Sarinah akan terdiri dari ritel, properti, dan trading. 

“Selama ini, porsi yang kecil adalah ritel. 
Ritel Sarinah ini berbeda dengan ritel yang lain, sehingga nantinya bagaimana membranding ritelnya ini agar bernuansa Indonesia,” tutur Edwin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…