Ini Tiga Tema Penting Dalam Konferensi Public Safety Indonesia 2019

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Februari 2019 - 16:04 WIB

Konferensi Public Safety Indonesia 2019
Konferensi Public Safety Indonesia 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Keselamatan publik adalah kebutuhan, sekaligus isu utama, bagi warga perkotaan. Terlebih lagi, ketika infrastruktur kota kian lengkap dibangun. Tanggung jawab utama dari keselamatan publik berada di pundak pemerintah kota. Namun, hal tersebut dapat berjalan secara optimal apabila masyarakat juga turut  berperan dalam menjaga terwujudnya keselamatan publik. 

Bagaimanapun, kolaborasi dengan sejumlah pihak penunjang keamanan publik perlu ditingkatkan. Datangnya era industri 4.0, dimana transformasi digital dan disrupsi  berlangsung di segala bidang kehidupan manusia,  dapat menyebabkan persoalan keselamatan publik kian sulit untuk dipenuhi.

Kolaborasi pemerintah kota dengan berbagai elemen masyarakat, pakar akademis, pelaku bisnis,  dan pihak kepolisian menjadi suatu kebutuhan yang harus disinergikan untuk dapat memenuhi kebutuhan keselamatan publik.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, konferensi keselamatan publik bertajuk  Public Safety Indonesia Conference2019: Strengthening Through Collaborationdiselenggarakan oleh Adhouse Clarion Events. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, pada 27 Februari dan 1 Maret 2019 mendatang.

Sejumlah pakar keamanan akan hadir memberikan wawasan dan pengalaman profesinal mereka. Berbagai  tema penting di dalam isu keselamatan publik akan dibahas secara tuntas di sini.

Tiga topik penting berikut ini bisa Anda peroleh di dalam konferensi keselamatan publik yang akan  berlangsung di Jakarta Convention Center Jakarta ini.

#1 Smart City

Dari sisi pemerintahan,  Kepala UPT Smart City DKI Jakarta, Setiaji, akan berbicara pada hari pertama konferensi, Rabu 27 Februari 2019, dengan topik:  Smart City  for Better Public Safety : Why Smart City is the Answer?

Beberapa tahun lalu, konsep  Jakarta Smart City  dicanangkan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Setiaji kemudian menjadi nahkoda dibalik implementasi smart city di Jakarta.Ia memiliki tanggung jawab besar untuk mengendalikan Jakarta menjadi kota yang terhubung teknologi, namun juga menyediakan pelayanan terbaik bagi warganya dari berbagai lapisan.

Konsep kota pintar diterapkan untuk menciptakan solusi permasalahan masyarakat yang lebih efisien dan mengoptimalkan pelayanan kepada publik. Keberadaan Jakarta Smart City diharapkan dapat membantu pemerintah meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta secara keseluruhan.

#2 Sistem Keamanan di Sekolah

Pada hari yang sama, konferensi keselamatan publik akan mengupas tentang sistem keamanan di sekolah. Isu keamanan sekolah telah menimbulkan keresahan bagi para orang tua murid terhadap anak-anak mereka. Apa yang semestinya dilakukan ketika ancaman keamanan tersebut datang dari dalam sekolah? 

Prof. Dr. DjismanSimandjuntak, Rektor Universitas Prasetiya Mulya, bersama para panelis lainnya, akan mengupas topik sistem keamanan sekolah tersebut. Topik yang penting bagi para guru, staf sekolah, murid, dan para orang tua ini  akan memberikan isnight tentang langkah-langkah yang mesti diambil.

Para pakar keamanan akan memberikan pengalaman praktis tentang cara mempromosikan penerapan teknologi  yang efektif untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan sekolah.

#3 Keselamatan Publik pada Infrastruktur

Selanjutnya, diskusi panel bertema Security for “Smart” Critical Infrastructure, akan mengisi hari kedua konferensi keselamatan publik. Dalam diskusi ini, akan dibahas tentang pihak mana saja yang perlu terlibat dalam memberikan upaya kerjasama untuk menyelaraskan sistem transportasi yang ada saat ini dan di masa mendatang.

RamaRaditya, M.ScChief Executive Oficer Qluebersama PresidenDirektur PT AdhiKarya, Ir. Budi Harto dan dua panelis lainnya akan membahas tema keselamatan publik pada sistem transportasi tersebut.
Qlue merupakan startup layanan publik yang berdiri tahun 2014. Hingga saat ini, Qlue telah berkiprah di lebih dari 15 kota, bekerja sama dengan pemerintah kota, lembaga-lembag pemerintah, pengembangan properti, dan departemen kepolisian daerah, serta lembaga pemerintah untukmemberikanberbagaisolusi Smart City.

Penyelenggara

PT Adhouse Clarion Events (ACE) mengorganisir penyelenggaraan konferensi ini, bersama dengan Divisi Humas Polri dan didukung oleh beberapa asosiasi. Asosiasi yang terlibat, antara lain,  AsosiasiIndustri System Keamanan Indonesia (Aiskindo), AsosiasiPengusahaTeknologiInformatikaNasional (Aptiknas), American Society for Industrial Security (ASIS), Asosiasi System Integrator dan Security Indonesia (Asisindo), Building Engineer Association (BEA), Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi), Ikatan Engineers Indonesia (Ikei), dan pemangku kepentingan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Ganteng-Ganteng Cantik Siap Buka Bareng Anak Yatim-piatu

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:12 WIB

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Ganteng-Ganteng Cantik Siap Buka Bareng Anak Yatim-piatu

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Perkusi Ganteng Ganteng Cantik, Madeena dan Artis Film Syirik Meriahkan Tasyakuran Satu Dekade FORWAN yang bakal digelar di Yayasan Cahaya Alam Pondok…

Ganteng Ganteng Cantik Pukau Ratusan Anak Yatim Di Tasyakuran Saru Dekade FORWAN.

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:04 WIB

Ganteng Ganteng Cantik Pukau Ratusan Anak Yatim Di Tasyakuran Satu Dekade FORWAN.

Trio Perkusi Ganteng Ganteng Cantik yang beranggotakan Mecca el umroh (Dica) , Al hadid, Terrence tampil memukau ratusan anak yatim-piatu binaan Yayasan Cahaya Alam dalam acara Tasyakuran Satu…

Soft launching program SAHARA Preneur

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:00 WIB

Kadin - SAHARA & INKOWAPI Jalin Kolaborasi Ciptakan Peluang Kemandirian Usaha Lewat SAHARA Preneur

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) kembali membangkitkan upaya penciptaan wirausaha baru di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upayanya yaitu berkolaborasi bersama…

Tasyakuran Satu Dekade FORWAN Meriah Dengan Kehadiran, Ratna Listy, Velline Ayu dan Artis Film Syirik

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:59 WIB

Tasyakuran Satu Dekade FORWAN Meriah Dengan Kehadiran, Ratna Listy, Velline Ayu dan Artis Film Syirik

Pembukaan rangkaian Road To 10 Panti Asuhan, dalam rangka ulang tahun satu dekade atau sepuluh tahun perjalanan FORWAN di industri hiburan Indonesia berlangsung seru dan membuat ratusan anak…

Bakamla RI Bersama Tim SAR Gabungan Cari ABK Kapal Terjatuh di Kei Besar

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:48 WIB

Bakamla RI Bersama Tim SAR Gabungan Cari ABK Kapal Terjatuh di Kei Besar

Bakamla RI yang tergabung dalam Tim SAR gabungan masih terus mencari korban kecelakaan 1 Anak Buah Kapal (ABK) KM Alistya Utama yang terjatuh ke laut di sekitar Perairan Tj. Weduar Pulau Kei…