BKPM: Tahun Ini Tren Investasi akan Pulih dan Membaik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Februari 2019 - 19:00 WIB

Thomas Lembong
Thomas Lembong

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meyakini tren investasi akan pulih dan membaik (recover) pada 2019 setelah menghadapi pelemahan yang signifikan pada 2018 di mana pertumbuhan ekonomi nasional hanya tumbuh 5,17 persen.

"Memang realisasi investasi di 2018 cukup mengecewakan. Pertumbuhan investasi melambat dari di atas 10 persen pada 2017 menjadi hanya sedikit di atas 4 persen pada 2018. Itu tentu jadi salah satu faktor yang menyebabkan ekonomi secara total di bawah keinginan kita," kata Kepala BKPM Thomas Lembong di Jakarta, Rabu (6/2/2019)

Menurut Tom, sapaan akrab Thomas, meski dihantam dengan pelemahan, pemerintah optimistis capaian di 2019 akan lebih baik.

Pasalnya, para investor besar mengaku lebih percaya diri menghadapi 2019 karena "badai" perang dagang yang mulai berkurang.

"Inevstor besar semakin nyaman bahwa badai sudah berlalu, ada optimisme yang semakin kuat juga mengenai Pemilu yang aman dan tertib juga jurus kebijakan pemerintah yang pragmatis dan reformis," katanya.

Lebih lanjut, tahun ini pula akan ada banyak peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek besar yang akan mendorong capaian realisasi investasi.

"Arus modal ekonomi digital juga jalan terus. Kalau dilihat pengumuman dari Tokopedia, Gojek, semua masih terus menerima investasi dalam jumlah besar. Itu juga membantu angka realisasi secara total," tutupnya seperti dilansir Antara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,17 persen sepanjang 2018 atau jauh di bawah target yang dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 5,4 persen. Namun, capaian tersebut menunjukan peningkatan dibanding pertumbuhan 2017 yang sebesar 5,07 persen. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.

THR Emas Pegadaian

Kamis, 18 April 2024 - 16:51 WIB

Pegadaian Catat Transaksi Tabungan Emas Naik Sebesar 8,33% Pada Maret 2024

PT Pegadaian mencatat penjualan Tabungan Emas pada momen lebaran tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan. Pada Maret 2024 atau menjelang lebaran, transaksi Tabungan Emas naik sebesar 8,33%…