Pertamina Luncurkan Call Center Baru, Ini Catatan YLKI

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Februari 2019 - 12:19 WIB

Pertamina (Foto: Ist)
Pertamina (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina meluncurkan call center baru, yakni call center 135 pada hari ini, Rabu (6/2/2019). Dengan adanya call center ini secara fungsional, konsumen bisa melaporkan/menginformasikan/mengadukan terkait produk-produk Pertamina, seperti BBM/SPBU, gas elpiji, dan pelumas. 

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi menilai, peluncuran call center ini merupakan hal yang positif, dan layak diberikan apresiasi. 

"Dari sisi komunikasi, call center tersebut lebih informatif dan mudah diingat konsumen, daripada call center sebelumnya, yakni 1.500.000," kata Tulus kepada INDUSTRY.co.id.

Menurut Tulus, ada beberapa catatan terhadap call center 135 dimaksud, diantaranya adalah pertama, PT Pertamina harus meyakinkan pada publik bahwa call center 135 diback up dengan sistem back office yang kuat dan handal, baik dari sisi sumber daya manusia, dan infrastruktur teknologi;

"Kedua, dengan call center yang baru tersebut, PT Pertamina harus mendesain management complaint handling yang lebih sederhana dan cepat. Sehingga setiap pengaduan dan informasi yang masuk dari konsumen bisa diselesaikan secara cepat, akuarat dan efektif," lanjut Tulus.

Kemudian, tambah Tulus, setelah call center 135 eksis, senaiknya PT Pertamina mengupdate jumlah pengaduan yang masuk, dan tindaklanjutnya. 

"Ini penting untuk meyakinkan publik bahwa pengaduan yang masuk ke call center 135 ditindaklanjuti. Keragaman akses pengaduan via media sosial juga harus tetap dijaga," ungkapnya.

Tulus mengatakan, dengan eksisnya call center 135 tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan untuk memonitor dan melaporkan semua produk-produk Pertamina yang berpotensi merugikan konsumen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…