Teknologi, Senjata Tangani Krisis Pekerja Terampil

Oleh : Herry Barus | Selasa, 05 Februari 2019 - 16:00 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Bisnis di Asia Pasifik dan global mengalami kesenjangan tenaga terampil yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang perusahaan. Menurut Laporan International Business Report Grant Thornton, 40% pemimpin bisnis di seluruh dunia kekurangan pekerja terampil hingga menjadi kendala bagi pertumbuhan perusahaan.

 

Beberapa industri menunjukkan peningkatan intensitas kegiatan yang diiringi kebutuhan pekerja terampil yang membeludak. Grant Thornton melihat kesenjangan keterampilan khususnya di antara para pekerja baru. Persentase pengangguran di seluruh dunia telah turun menjadi 5,2%, level terendah dalam hampir 40 tahun. Hal ini disebabkan karena faktor-faktor seperti upah yang lebih rendah dan gig economy.

 

Kesenjangan keterampilan secara global yang diperkirakan akan semakin memburuk ini, sudah berdampak pada bisnis. Beberapa perusahaan tidak dapat tumbuh karena mereka tidak dapat meningkatkan keterampilan karyawan mereka yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk menghasilkan lebih banyak barang atau jasa.

Beberapa faktor yang mendorong tren ini, di antaranya adalah populasi yang kian menua dan jumlah angkatan kerja yang menurun di berbagai negara. Pemerintah Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi mencapai target RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2019 dengan target menyediakan lahan pekerjaan untuk 2 juta orang atau 5,2-5,6% lebih besar dari tahun sebelumnya.

Dengan semakin banyaknya para pekerja baru sedangkan teknologi berkembang semakin pesat membuat bisnis berada di bawah tekanan yang lebih tinggi untuk memperoleh pekerja terampil yang diperlukan untuk mendukung perkembangan seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence), otomasi, dan teknologi blockchain.

Dapatkah Teknologi Memperkecil Kesenjangan Keterampilan?

Ironisnya, teknologi adalah penyebab dan—dan setidaknya menjadi bagian dari —solusi untuk kesenjangan keterampilan. Seiring meningkatnya kebutuhan akan tenaga terampil, investasi dalam inovasi dan solusi bisnis baru juga meningkat.

Adanya teknologi dapat mengatasi dampak kekurangan tenaga terampil di sebagian besar sektor bisnis termasuk keuangan, akuntansi, pemasaran, dan di sektor manufaktur dan logistik. Manfaat lainnya adalah karyawan yang ada jadi memiliki lebih banyak kesempatan untuk menambah nilai mereka di area yang tidak dapat dilakukan mesin, otomatisasi dan teknologi.

Dengan integrasi teknologi dan artificial intelligence, pebisnis dapat memprediksi inventaris yang optimal untuk masing-masing produk mereka. Mereka mengotomatiskan pengambilan keputusan pemasok yang akan dipakai, untuk produk apa saja, dan berapa banyak yang perlu dibeli.

Otomatisasi ini mengurangi beban kerja tim, sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas lain yang lebih rumit seperti mencari produk baru. Artificial intelligence membantu dunia usaha mengatasi kesenjangan keterampilan melalui otomatisasi pengambilan keputusan dan membantu interaksi manusia dengan mesin dalam operasi sehari-hari.

Namun meskipun solusi baru dapat dicari untuk memenuhi kebutuhan bisnis, Grant Thornton tetap menekankan pentingnya program pembelajaran dan pengembangan keterampilan karyawan.

Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia  seperti disampaikan Riadi Sugihtani dari Grant Thornton Indonesia  mengatakan,  “Pendekatan konvensional untuk mengembangkan kompetensi pekerja masih mutlak dibutuhkan di dunia kerja baik bagi mereka yang akan memasuki dunia kerja maupun mereka yang sudah berpengalaman, hal ini kami yakini akan membantu kesenjangan keterampilan di berbagai level pekerja.”

Karyawan perlu menyadari perlunya belajar sepanjang perjalanan karir mereka dan menjaga keterampilan untuk tetap relevan dengan dunia bisnis saat ini.

Pekerja, proses dan teknologi adalah tiga faktor yang saling terintegrasi dan menggerakkan perusahaan, jika pelaku bisnis mampu menyeleraskan pengembangan ketiganya, kesenjangan keterampilan akan mampu diatasi.” pungkas Johanna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…