Tingkatkan Kompetensi Anak Bangsa, Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Februari 2019 - 12:09 WIB

Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat
Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pupuk Indonesia Grup launching program magang mahasiswa bersertifikat di Gedung Pupuk Indonesia (1/2/2019). Pada launching tersebut Pupuk Indonesia melepas 20 dari total 110 mahasiswa/i penerima program magang berserifikat yang akan melaksanakan program magang di Pupuk Indonesia dan Anak Usahanya. 

Program magang mahasiswa bersertifikat ini merupakan program untuk pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa melalui program pemagangan di BUMN untuk membentuk SDM yang unggul. 

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (2/2/2019) menyebutkan, program Magang Mahsiswa Bersertifikat Pupuk Indonesia Grup tersebut diresmikan oleh Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia, Winardi. 


“Untuk menjawab tantangan SDM BUMN di masa yang akan datang, kami perlu menjalankan program yang dapat menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui program pemagangan di BUMN dan mencetak SDM yang berdaya saing global” jelas Winardi.

Seleksi program Magang Bersertikat dimulai sejak Desember 2018 hingga Januari 2019 dan dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta yaitu: Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, Institut Teknik Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Lhouksemawe, Universitas Sriwidjaja, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jambi.   

Program magang bersertifikat efektif dijalankan oleh 110 mahasiswa/i pilihan serentak kemarin (1/2/2019) di Pupuk Indonesia dan Anak Usahanya yaitu Petrokimia Gresik di Gresik, Pupuk Sriwidjaja di Palembang, Pupuk Kujang di Cikampek, Pupuk Kalimantan Timur di Bontang, Pupuk Iskandar Muda di Lhokseumawe dan Rekayasa Industri di Jakarta. 

Program magang tersebut dibagi menjadi 2 Batch yaitu Batch 1 di bulan Februari – Juli 2019 dan Batch 2 Juni/Juli – November/Desember 2019. 

Program magang bersertifikat Pupuk Indonesia Grup dibagi menjadi dua jenis pelaksanaan magang yaitu magang bersertifikat kompetensi yaitu mahasiswa yang melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi bidang yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tersebut selama 6 bulan.

Dalam pelaksanaanya peserta magang akan melaksanakan uji kompetensi sesuai dengan kompetensi bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional dan magang bersertifikasi industry yaitu mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan project yang diberikan oleh pihak industry selama enam bulan. 

Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah ditentukan yang kemudian di akui oleh pihak industry dengan mengeluarkan sertifikat industry sesuai dengan project tersebut.

“Kami berharap program sertifikasi mahasiswa  ini akan menambah wawasan baru serta peningkatan kompetensi untuk mahasiswa sehingga dapat menghasilkan prestasi yang baik di masa yang akan datang” tutup Winardi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…