Komisi VII DPR RI Pertimbangkan Izin SOCI Dicabut

Oleh : Wiyanto | Kamis, 31 Januari 2019 - 22:31 WIB

Kapal Tangker milik Soechi Lines
Kapal Tangker milik Soechi Lines

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung, belum lama ini meninjau tumpahan minyak dari Kapal Tanker milik Soechi Lines di perairan pantai Cempae, Parepare, Sulawesi Selatan.

Ia meminta kepada seluruh pihak agar bertanggung jawab atas adanya tumpahan minyak yang berampak pada pencemaran lingkungan.

Kami minta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kasus tumpahan minyak ini, berdasarkan mekanisme dan temuan di lapangan bahwa ada tumpahan solar, untuk melakukan ganti rugi kepada warga yang terdampak, katanya belum lama ini di Parepare, ditulis Kamis (31/1/2019).

Ia berpendapat mengenai kapal MT Golden Pearl XIV milik PT Soechi Lines yang dituding kerap melakukan kesalahan yang sama, siapa pun yang bersalah akan ditindaki sesuai dengan SOP dan undang-undang yang berlaku.

"Dan jika memang terbukti bersalah, maka akan kami minta izinnya untuk dicabut," katanya.

Tamsil berjanji, jika memang tidak ada kejelasan terkait insiden tumpahan minyak ini, maka dirinya akan membawa aspirasi warga ke Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dirut Pertamina di Komisi VII DPR RI.

Kalau memang pihak Pertamina tidak melakukan langkah-langkah nyata sesuai mekanisme, kita akan panggil Dirut Pertamina untuk dilakukan RDP. Kita juga bisa panggil BPH Migas, katanya.

Pertamina sedang melakukan investigasi terhadap tumpahan solar yang berasal dari kapal milik PT Soechi Lines Tbk. Tumpahan solar menggenangi perairan Parepare pertengahan bulan ini.

" Sedang dilakukan investigasi oleh tim, terimakasih," ujar Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Gandhi Sriwidodo di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Berikut adalah kompilasi berbagai kecelakaan dan perkara Soechi dari tahun 2010 hingga 2019 yang dilaporkan di berbagai media:

19 Mei 2010 Soechi XIX menabrak KM Dian No. 1 sampai tenggelam Soechi Chemical XIX menabrak KM Dian No. 1 di Teluk Jakarta dengan kecepatan penuh karena mengabaikan upaya awak KM Dian No. 1 berkomunikasi melalui radio VHF dan juga lampu sorot. Akibat kelalaian Soechi Chemical XIX maka KM Dian No. 1 tenggelam.

13 Oktober 2010 MT Angelia XVI ditangkap oleh kapal patrol Polri karena kencing MT Angelia XVI yang disewa Pertamina tertangkap di perairan Kalimantan Selatan karena kencing muatannya. Saat ditangkap kapal dengan ukuran tersebut sedang membawa solar serta premium milik Pertamina.

18 Oktober 2010 Masalah sewa lahan galangan kapal PT Multi Ocean Shipyard (MOS) Izin-izin atas sewa lahan milik pemerintah dan penggunaan lahan laut untuk reklamasi belum berada di tangan DPRD Karimun. Ketua Komisi A DPRD Karimun saat itu, Jamaluddin Sahari mengungkapkan ada dugaan pelanggaran dan mendesak pemerintah daerah menutup aktivitas MOS.

27 Agustus 2012 Soechi Lesmana terbakar, 2 Orang Tewas 2 Kritis MT Soechi Lesmana yang sedang disewa Pertamina dan mengangkut 6.000 ton solar dan premium meledak dan terbakar di perairan Mamuju mengakibatkan dua orang tewas dan dua orang kondisi kritis setelah mengalami luka bakar. Akhirnya kapal ini kandas dekat Kota Mamuju.

3 Desember 2012 Penyelundupan BBM Soechi Anindya MT Soechi Anindya selaku pemegang kontrak Pertamina membawa minyak dari Terminal Pertamina di Pulau Sambu. Namun dalam perjalanan, kapal itu berbelok arah ke perairan Malaysia. Selanjutnya segel dirusak dan 300 ton BBM dipompa dari MT Soechi Anindya ke MT Fulfill.

Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau Ahmad Rofiq mengungkapkan, ABK (MT Soechi) mengakui sudah tiga kali menyelundupkan MFO. Direktur Jenderal Bea Cukai Agung Kuswandono menambah,"kapal Soechi Anindya ini diduga sudah berulang kali menyelundupkan BBM."

28 Januari 2014 MT Soechi Chemical VII menabrak KMP Jatra III Soechi Chemical VII yang sedang disewa Pertamina mengalami kecelakaan di Selat Sunda dimana terjadi tabrakan antara Soechi Chemical VII dan KMP Jatra III.

10 Februari 2015 - Arenza XXVII ditahan di Singapura Very Large Crude Carrier (VLCC) Arenza XXVII yang dimiliki Soechi dan sempat disewa Pertamina di tahan di perairan Singapura karena tidak membayar hutang senilai SGD 1.67 juta terkait pembelian bahan bakar minyak (BBM) dengan perusahaan penjual BBM Sentek Marine & Trading Pte. Ltd.

26 April 2015 Soechi Chemical I terhempas dan hampir menabrak Hotel di Selat Sunda Soechi Chemical I yang disewa Pertamina kandas di perairan Merak dan hampir menabrak Hotel Merak Beach. Bahkan diketahui jarak antara mobil hotel dan kapal kandas hanya sekitar 10 meter.

21 Desember 2015 Alisa XVII mogok dan kandas di Pacitan Alisa XVII yang disewa oleh Pertamina kandas di perairan Pacitan karena mengalami mati mesin. "Kapal itu sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Cilacap dan mengalami mati mesin sehingga terdampar di sini," terang Kanit Satpolair Pacitan, Bripka Indro Wibowo.

12 Januari 2017 Buruh demo karena gaji tidak dibayar Kantor PT MOS di Karimun porak-poranda akibat demo yang berakhir menjadi kerusuhan pekerja. Hal itu dipicu keterlambatan pembayaran gaji pekerja yang berjumlah sekitar 1.600 orang.

19 Juli 2017 Soechi terlambat kirim kapal pesanan Pertamina Tiga unit kapal tanker dari PT Pertamina (Persero) yang seharusnya diserahterimakan antara 2015-2016 terlambat hampir 3 tahun. Namun Paula Marlina selaku Direktur Keuangan Soechi Lines menepis isu adanya denda atau penalti yang hingga Juni 2017 nilainya disebut-sebut mencapai US$50 juta.

29 November 2017 SC Warrior L terbakar di China SC Warrior L milik Soechi yang disewa Pertamina mengalami kebakaran di sungai dekat Guang Zhou, China. Peristiwa itu mengakibatkan empat kru kapal luka parah dan 11 personil lainnya terluka.

31 Agustus 2018 MOS digugat PKPU Pengadilan Negeri Medan mengabulkan perkara permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap P.T. Multi Ocean Shipyard (MOS) yang diajukan oleh Excellift Sdn. Bhd. dan P.T. Kawasan Dinamika Harmonitama.

24 November 2018 Ledakan di galangan kapal MOS 23 pekerja dikabarkan menjadi korban dan menderita luka serius dibagian wajah dan badan akibat balon udara yang digunakan diduga kuat sudah terlalu lapuk dan banyak tambalan dan akhirnya meledak.

24 November 2018 Masalah BPJS Ketenagakerjaan Hany 800 pekerja dari total 1.600 pekerja MOS yang terdaftar di BPJS. Disnaker berjanji akan memberikan sanksi tegas bila MOS terbukti bersalah. Sanksi administrasi berupa pemberhentian rekomendasi pemerintah daerah untuk mendapatkan proyek Pemerintah hingga pemberhentian proyek serta sanksi pidana 8 tahun penjara dan denda hingga 1 Milyar.

10 Januari 2019 Solar tumpah dari kapal Golden Pearl XIV di perairan Parepare. Kejadian terakhir dialami oleh Golden Pearl XIV yang disewa oleh Pertamina. Kapal berukuran 6.715 DWT ini bocor dan menumpahkan solar di perairan Parepare. Rilis Pertamina mengungkapkan bahwa penyebab kejadian adalah kerusakan pada pendingin LO Cooler A/E kapal tanker. Solar tersebut adalah bahan bakar kapal, bukan dari muatan tanker dan jumlah solar yang tumpah tersebut adalah 800 liter.

Dalam keterangan di IDX, belum lama ini, press release soechi bilang yang tumpah adalah oli dari propeller 100 - 200 liter.

Rilis Pertamina dan Soechi Lines berbeda, mana yang benar?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…