Terapkan Green Lifestyle, Produk Inovasi IPB Disukai Eropa dan Amerika

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 29 Januari 2019 - 18:58 WIB

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe
Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hasil-hasil produk inovasi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai dilirik negara-negara Eropa dan Amerika. Produk-produknya sedang dalam proses uji kualitas untuk memenuhi standar ekspor ke negara-negara tersebut.

"Karena mereka sudah menyukai green product, hasil produk inovasi IPB mencerminkan green life style. Dengan green life style, maka pasar-pasar Eropa dan Amerika akan terbuka," kata Rektor IPB, Arif Satria usai acara 'Tindak Lanjut Hasil Rekomendasi Rakernas Kemenristekdikti 2019' di Hotel Millenium, Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Januari 2019.

 Arif mengatakan, IPB telah menghasilkan 460 produk inovasi agrikultur. Produk-produknya sudah menembus pasar internasional, salah satunya varietas Pepaya Calina. "Calina itu unggul, manis, dan sekarang benihnya kami spin off (dikembangkan) ke enam provinsi dan 11 negara. Kemudian jambu kristal, sayuran, benih padi," ujar Arif.

Dari total 460 hasil inovasi tersebut, 39 persennya di antaranya dikembangkan di dalam negeri, dan telah dipasarkan ke berbagai daerah. Pengembangan produknya sebagian merupakan hasil kerja sama dengan swasta.

"Dari prospektif itu kemudian didorong untuk proses hilirisasi, sebagiannya spin off dan kerja sama dengan swasta," ujar Arif.

Inovasi varietas produk pertanian, salah satunya komoditas padi. Inovasi ini berhasil mendongkrak produksi hasil panen padi di setiap satu hektare. Produk varietas padi 3S (hasil inovasi IPB) misalnya, saat ini sudah berkembang dan menghasilkan 11,4 ton per hektare.

"Sekarang (IPB 3S) sudah diterapkan di 26 provinsi. Itu adalah hasil support Kemenristekdikti," papar Arif.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Alhamdulillah, BNI Syariah menerima penghargaan sebagai _Innovative Company in Providing Waqf category Islamic Banking_.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 20:35 WIB

BNI Syariah Raih Digital Innovation Award 2019

Jakarta - BNI Syariah kembali dapat mempertahankan posisi sebagai Bank Syariah yang unggul dalam inovasi digital melalui platform digital Wakaf Hasanah dalam acara Digital Innovation Award 2019…

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…