Industri Asuransi 4.0: Perusahaan Nasional Juga Siap Berevolusi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Januari 2019 - 07:30 WIB

Asuransi Ilustrasi
Asuransi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Digitalisasi industri asuransi semakin berkembang, terakhir perusahaan teknologi multinasional, Grab baru saja mengumumkan kerja sama dengan

 ZhongAn Technologies International Group Limited (ZA International) untuk membentuk joint venture (JV). Buah dari kerja sama itu pelanggan perusahaan ride hailing tersebut bisa memilih beragam produk asuransi melalui aplikasi Grab.

Perusahaan asal Indonesia pun tidak ketinggalan berevolusi di era 4.0. AJB Bumiputera 1912, perusahaan asuransi jiwa yang telah berdiri 107 tahun di Indonesia saat ini tengah menghadapi persoalan pembayaran klaim milik nasabah. Persoalan tersebut terjadi diduga karena kurang optimalnya tata kelola pada pengelolaan dana sehingga mengakibatkan minimnya likuiditas perusahaan. Guna mengatasi persoalan tersebut, manajemen baru AJB Bumiputera 1912 memiliki visi untuk melakukan transformasi bisnis dari model tradisional menjadi digital.

Menurut pengamat komunikasi digital Lucky Mirza, sudah saatnya perusahaan nasional seperti AJB Bumiputera 1912 berevolusi di era digital, terlebih bila dipimpin oleh manajemen yang memiliki track record sebagai professional inovatif sektornya.

“Generasi muda saat ini dibekali dengan pendidikan yang baik dan peduli dengan perkembangan karir dan pribadi mereka. Generasi tersebut terbiasa dengan digitalisasi, mulai dari online banking, online shopping yang semua nya serba digital. Intinya mudah, cepat dan transparan yg dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.

Pemimpin perusahaan nasional saat ini pun harus inovatif dan berpengalaman dalam mentransformasi bisnis tradisional menjadi modern melalui digital, agar mampu menjawab kebutuhan generasi muda,“ ujar Lucky.

Pemanfaatan teknologi informasi di industri asuransi sebetulnya sudah banyak dilakukan oleh perusahaan asuransi lainnya, namun hampir semuanya adalah perusahaan asing. Lucky meambahkan bahwa pemanfaatan teknologi digital pada perusahaan nasional sudah tepat dalam rangka menembus pasar dari kalangan milenial.

“Saya mendukung langkah yang diambil manajemen baru, yang dipimpin oleh Sutikno Sjarif, dalam melakukan modernisasi AJB Bumiputera 1912. Saat ini anak muda Indonesia masih banyak yang belum memiliki asuransi, sudah seharusnya segmen ini digarap. Jadi langkah modernisasi dan digitalisasi sudah on the right track,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Head of Communications di Ericsson Indonesia dan Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

 Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara sebelumnya menyebut era digitalisasi perlu kesiapan dari semua lini. Saat ini sekitar 50% penduduk Indonesia sudah masuk dalam ekonomi digital. Dari 265,4 juta penduduk Indonesia, sekitar 132,7 juta kini sudah bisa menikmati internet. Lebih lanjut, sekitar 130 juta orang Indonesia atau 49% dari total penduduk juga sudah masuk dalam pengguna sosial media yang aktif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.