Arungi Tahun Politik, Madusari Nusaperdana Optimis Penjualan Mampu Tumbuh Hingga Double Digit

Oleh : Ridwan | Senin, 28 Januari 2019 - 10:50 WIB

Direktur Operasional PT. Madusari Nusaperdana Dewi Kartika Rusli (Foto: Herlambang/Industry.co.id)
Direktur Operasional PT. Madusari Nusaperdana Dewi Kartika Rusli (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang olahan daging khususnya sosis dan bakso, PT Madusari Nusaperdana optimis perkembangan bisnis di sektor makanan khususnya sosis akan terus bertumbuh di tahun 2019.

Pasalnya, dalam lima tahun terakhir pemakan daging di Indonesia grafiknya terus bertumbuh. Walaupun, konsumsi daging di tanah air masih relatif rendah.

"Bisnis ini akan terus bertumbuh, walaupun konsumsi daging di Indonesia masih rendah. 5-10 tahun kedepan diprediksi bisnis ini akan semakin baik, karena masih banyak area yang bisa dikembangkan," kata Direktur Operasional PT. Madusari Nusapersada Dewi Kartika Rusli yang ditemu Industry.co.id beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Dewi, sejak berdiri di tahun 1995, pihaknya terus berbenah dan mulai bangkit dari imbas ketidakpastian ekonomi ditahun 1998. "Kami terus bangkit dari kondisi yang kurang baik di tahun 1998, dan terbukti hingga kini kami telah mampu memproduksi hingga jutaan sosis per hari," terangnya.

Perusahaan dengan merek dagang Kimbo, Vigo, dan Fino ini terus melebarkan pasarnya hingga ke seluruh wilayah di Indonesia diantaranya, pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Meskipun sebaran pasarnya sudah merata, Namun Dewi mengakui bahwa pulau Jawa masih mendominasi area pasar yang terbesar. 

"Pulau Jawa masih 50%, disusul Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Tahun 2019, kami akan mulai ekspansi ke wilayah Indonesia Timur," tutur Dewi.

Selain melebarkan sayap pasarnya ke wilayah Indonesia Timur, tambah Dewi, pihaknya juga akan melakukan perkembangan pabrik baru di kawasan industri Jababeka di tahun 2019. Sekedar informasi, hingga saat PT Madusari Nusaperdana sudah memiliki tiga lokasi di kawasan industri Jababeka yakni, pabrik, gudang, dan development center (R&D) yang terbagi di berbagai area berbeda.

"Kita melihat ada beberapa area di Jababeka yang sangat potensial untuk mengembangkan lini bisnis kami, salah satunya di area dekat Cikarang Dry Port. Dengan adanya pabrik kami di area Dry Port, tentunya akan mempermudah dan mempercepat pada saat importasi," katanya.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, jika melihat pertumbuhan dari tahun ke tahun, serta nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terus menguat, pihaknya menargetkan pertumbuhan penjualan akan mencapai double digit di tahun 2019. "Kami sangat otpimis di tahun 2019, apalagi melihat beberapa proyek infrastruktur yang saat ini telah selesai pengerjaannya, sehingga membuat logistik kami akan lebih cepat," tutup Dewi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…