5.000 Ton Jagung untuk Kebutuhan Peternak Jawa Barat-Jawa Timur

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Januari 2019 - 06:45 WIB

Jagung pipil (doc:Kementan)
Jagung pipil (doc:Kementan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bersama dengan Perum Bulog mendistribusikan 5.000 ton jagung pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan para peternak Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita memfasilitasi pemenuhan kebutuhan jagung bagi peternak mandiri sampai dengan akhir bulan Februari 2019, dengan harga Rp4.000 per kilogram. Upaya ini merupakan arahan dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman karena kesulitan jagung yang dihadapi peternak.

"Kami berharap peternak dapat membeli jagung dari sentra-sentra produksi jagung yang diperkirakan akan mulai memasuki masa panen raya pada akhir Februari 2019," kata Ketut Diarmita melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (25/1/2019)

Serah terima jagung dilaksanakan di Divisi Regional (Divre) Bulog Surabaya, pada Kamis, untuk distribusikan ke Jawa Barat 1.000 ton, Jawa Tengah 2.000 ton dan Jawa Timur 2.000 ton.

Untuk wilayah Jawa Barat, beberapa assosiasi peternak ayam mandiri, yakni Pinsar, PPUN, Koperasi Pertanian Karya Agrisatwa dan koperasi Unggul selaras, akan mewakili penyerahan jagung ke peternak.

Ketut mengatakan pemerintah berharap harga jagung petani tidak jatuh saat panen raya, dan pihak peternak juga masih mendapat harga yang wajar.

Perwakilan Bulog Divre Jawa Barat Agus Siswantoro mengatakan  bantuan jagung ini dalam rangka membantu peternak mandiri memeroleh jagung dengan harga yang wajar untuk stabilisasi harga.

"Bulog akan terus berusaha untuk membantu peternak untuk mendapatkan jagung dengan harga yang wajar dan stabil," kata Agus.

Sementara itu, Sekjen Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional Sugeng Wahyudi mengapresiasi respons cepat dari Kementerian pertanian terkait kendala peternak mandiri.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya tidak dapat langsung menerima jagung, karena harus lewat kerja sama dengan pihak pabrik pakan ternak. Untuk peternak broiler (ayam pedaging), jagung ini tidak dapat diolah sendiri.

"Hal ini sangat berbeda dengan pola pakan pada peternak layer atau petelur. Oleh karena itu, ke depan kami berharap Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dapat memfasilitas akan lebih mudah jika jagung ini bisa disediakan untuk pabrik pakan ternak dengan harga yang wajar," kata Sugeng

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin