Singapore Art Week dan Design Orchard Bagi Pecinta Seni dan Mode

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Januari 2019 - 19:00 WIB

Singapore Art Week dan Design Orchard (Foto Dok Industry.co.id)
Singapore Art Week dan Design Orchard (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Singapura– Design Orchard dibuka pada 25 Januari 2019 di Singapura, menyatukan lebih dari 60 merek lokal di Orchard Road dan wilayah sekitarnya. Terletak di persimpangan Orchard Road dan Cairnhill Road, bangunan 2,5 lantai ini memiliki ruang pameran ritel di lantai pertama, ruang inkubasi di lantai dua dan area atap (rooftop), serta ruang acara di area atap.

Dipelopori oleh Enterprise Singapore, JTC dan Singapore Tourism Board (STB), Design Orchard merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Pemerintah Singapura untuk mengubah Orchard Road menjadi tujuan destinasi gaya hidup (lifestyle), menawarkan pengalaman ritel yang menarik di tengah taman hijau yang subur. Proyek ini bertujuan untuk memunculkan talenta baru di sektor gaya hidup dan fesyen, serta mempersiapkan mereka untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

Salah satu ritel lokal, Naiise, akan mengoperasikan pameran ritel yang akan memamerkan 61 merek baru dan terkemuka, seperti Artisan of Sense, JEWELS, QLOTHÈ, SoftRock Living dan The Animal Project. Merek-merek tersebut mewakili dari berbagai kategori produk, seperti pakaian, kecantikan dan kesehatan, oleh-oleh, dan perabotan rumah kecil.

Naiise juga akan menjalankan program bimbingan yang mencakup bidang-bidang seperti pemasaran, merchandising dan perencanaan ekspansi, untuk merek-merek di pameran ritel. Berbagai pengusaha terkenal, termasuk pendiri Unlisted Collection Loh Lik Peng, pendiri Spa Esprit Group Cynthia Chua, dan pendiri Motherswork Sharon Wong, akan ambil bagian dalam program bimbingan tersebut. Mereka akan berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui sesi pendampingan pribadi dan sesi kelompok.

Ms. Ranita Sundra, Direktur Retail & Dining STB mengatakan, “Singapura adalah rumah bagi berbagai merek global. Ketika merek-merek ini semakin menjamur, kami melihat semakin banyak masyarakat tertarik pada produk lokal dengan latar belakang cerita Singapura. Design Orchard merupakan kesempatan yang menarik bagi kami untuk menampilkan bakat-bakat terbaik Singapura di bawah satu atap di lokasi yang terkenal di dunia, Orchard Road. Pengunjung lokal dan internasional dapat menyaksikan Orchard Road yang lebih hidup dan lebih menarik, dengan adanya perkembangan baru ini.”

The Textile and Fashion Federation Singapore (TaFF) akan mengoperasikan The Cocoon Space, ruang inkubasi di lantai kedua yang ditargetkan untuk para perancang busana dan gaya hidup lokal. TaFF akan membina para perancang busana independen dan bisnis fesyen dengan menawarkan ruang kerja bersama dengan mitra seperti Studio Makers, dengan peralatan menjahit profesional dan perpustakaan kain (Fabric Library), serta peluang kolaborasi dan jaringan dengan para pelaku industri. Para perancang busana akan didorong untuk berinovasi dan merancang produk dengan prinsip keberlanjutan.

TaFF juga akan menjalankan program inkubasi, The Bridge Fashion Incubator, untuk calon perusahaan fesyen (fashion startup) dari Singapura dan seluruh kawasan. Berfokus pada  keberlanjutan, inovasi dan teknologi, program ini akan memenuhi kebutuhan bisnis dan teknis para perancang busana yang mencakup pengembangan bakat, pelatihan, dan studi banding ke luar negeri untuk mendapatkan sumber daya dan produksi.

Sementara itu Mr. Alan Yeo, Direktur Retail & Design di Enterprise Singapore mengatakan, “The Cocoon Space menyediakan fasilitas bersama di bawah satu atap bagi para calon perancang busana Singapura, memungkinkan mereka untuk menguji dan merealisasikan ide-ide mereka, serta mengasah keterampilan bisnis mereka lebih cepat. Lebih penting lagi, kami ingin bekerja bersama mereka untuk menciptakan produk yang selaras dengan tren industri dan kebutuhan konsumen. Inilah sebabnya program inkubasi TaFF difokuskan pada teknologi fesyen dan keberlanjutan.”

Pengembangan ikonik di sepanjang Orchard Road

Design Orchard dikembangkan oleh JTC, yang menunjuk perusahaan lokal WOHA Architects dan Sunray Woodcraft Construction untuk merancang dan membangun masing-masing pengembangan.

Dengan elemen desain beton, kaca, kayu, dan lanskap yang bersih dan modern, bangunan ini menampilkan bakat terbaik Singapura dengan menambahkan keragaman pada pemandangan jalanan Orchard. Gerbang bundar pada dinding beton memberikan tampilan yang unik terhadap bangunan sekaligus memberikan pandangan sekilas ke ruang ritel.

Bangunan ini memiliki atap miring dengan tanaman hijau subur dan kursi kayu, menawarkan tempat istirahat publik dari kesibukan di Orchard Road. Ruang atap, dengan amfiteaternya (teater terbuka), juga berfungsi sebagai ruang unik untuk berbagai acara yang berlatar belakang Orchard Road.

Ms. Wee Pei Yean, Direktur Produk JTC kepada awak media mengatakan, “Design Orchard, dengan arsitekturnya yang berani dan ruang atap umum menandai rumah baru dan desain lokal. Kami berharap Design Orchard dapat menginspirasi talenta lokal untuk bergabung dengan komunitas, di mana mereka dapat menumbuhkembangkan merek mereka dengan akses ke mentor, program, dan fasilitas ruang yang dinamis di sepanjang Orchard Road.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…