China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

Ilustrasi Jaringan 5G
Ilustrasi Jaringan 5G

INDUSTRY.co.id - Shenzhen, ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan 5G pertama di dunia dengan menggunakan smartphone prototipe 5G ZTE, melalui uji coba lapangan 5G di Shenzhen. 

Tes ini juga menyelesaikan verifikasi beragam layanan, seperti panggilan suara grup Wechat, video online, dan penelusuran web. Prestasi ini telah menjadikan China Unicom are Shenzhen menjadi wilayah uji komersial pertama di dunia yang melakukan panggilan pertama dalam mode NSA dan sesuai dengan 3GPP Rel-15. 

Dikenal sebagai "Kota Inovasi", Shenzhen adalah salah satu kota percontohan 5G pertama di China Unicom. Shenzhen sepenuhnya memverifikasi kemampuan jaringan peralatan 5G, layanan khusus, roaming dan interkoneksi, dan pewarisan layanan yang ada secara bertahap, sehingga meletakkan dasar yang kuat untuk konstruksi komersial seluruh jaringan 5G.

Tes ini mengadopsi solusi 5G ZTE dari hulu ke hilir, termasuk jaringan akses radio, jaringan inti, jaringan transportasi dan perangkat cerdas, mewujudkan koneksi dengan smartphone prototipe 5G ZTE di lapangan. Sementara itu, tes ini telah memverifikasi beberapa teknologi kunci 5G seperti Massive MIMO, 5G NR, konektivitas ganda NSA, teknologi transportasi FlexE dan 5G Common Core.

Sebagai salah satu penyedia peralatan telekomunikasi terkemuka di dunia, ZTE telah memimpin dalam teknologi 5G, perlengkapan 5G, dan produk 5G. Panggilan pertama dari smartphone prototipe 5G ZTE dalam mode NSA yang dilakukan di China Unicom area Shenzhen telah berhasil. 

Solusi 5G ZTE telah lulus uji end-to-end dalam tiga bulan setelah rilis 3GPP Rel-15. Ini menampilkan kompetensi kuat ZTE dalam riset dan pengembangan 5G dan komersialisasi, serta menunjukkan peran ZTE sebagai mitra yang dapat diandalkan untuk operator 5G global dan pemain kunci dalam industri 5G.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Prudential Indonesia Lajutkan Implementasi Kurikulum Cha-Ching di Jakarta

Sabtu, 23 Februari 2019 - 16:00 WIB

Prudential Indonesia Lajutkan Implementasi Kurikulum Cha-Ching di Jakarta

Setelah sebelumnya sukses meningkatkan literasi keuangan pada siswa Sekolah Dasar di Sidoarjo, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kini melanjutkan pengenalan Kurikulum "Cha-Ching"…

Ground Breaking Rusun Tingkat Tinggi Paspampres di Markas Komando Paspampres

Sabtu, 23 Februari 2019 - 14:45 WIB

Kementerian PUPR Bangun Rusunawa Paspampres Tanah Abang

Pembangunan Rusunawa tersebut untuk memenuhi kebutuhan hunian anggota Paspamres dan keluarga serta meningkatkan semangat tugas prajurit.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan laboratorium di Fakultas Teknik (FT) UGM Yogyakarta (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 14:05 WIB

Sambut Era Industri 4.0, Menperin Ajak Perguruan Tinggi Aktif Lakukan Riset Teknologi

Kementerian Perindustrian terus mengajak perguruan tinggi agar semakin aktif dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan khususnya di bidang industri. Upaya ini bertujuan untuk menghasilkan…