Jenang Kudus Mubarok Ekspansi Garap Pasar Malaysia

Oleh : Irvan AF | Jumat, 24 Februari 2017 - 19:28 WIB

Jenang Kudus Mubarok. (Foto: IST)
Jenang Kudus Mubarok. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Kudus - Produsen jenang Kudus, Mubarokfood, mulai fokus menggarap pasar luar negeri, khususnya Malaysia karena dinilai menjadi pasar potensial untuk pemasaran produk jenang.

"Selama ini, pemasaran jenang ke luar negeri memang tidak secara langsung dari kami," kata Direktur Utama Mubarokfood Muhammad Hilmy di Kudus, Jumat (24/2/2017).

Untuk itu, lanjut dia, Mubarokfood mencoba menggarap pasar di Malaysia yang dinilai memiliki prospek yang bagus untuk pemasaran jenang.

Ia mengatakan, masih melakukan upaya konsolidasi terkait kemungkinan memasarkannya secara langsung jenang dari Kudus.

"Mudah-mudahan, mendapatkan hasil sehingga jenang bisa dijual secara luas di negara tetangga itu," ujarnya.

Ia mengakui, pangsa pasar tersebar saat ini masih di Pulau Jawa yang mencapai 50 persen lebih, sedangkan pangsa pasar di luar jawa hanya 15 persen.

Dalam rangka mendongkrak penjualan produk makanan yang dihasilkan, Mubarokfood juga mulai rajin melakukan penetrasi pasar untuk produk lain selain jenang khas Kudus, yakni dodol.

"Pangsa pasar dodol memang dikuasai oleh perusahaan dari luar daerah, namun kami mencoba untuk memasarkan produk serupa hasil produksi Mubarokfood," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, merek dodol yang ditawarkan juga cukup menjual, yakni dodol asia pasific.

Merek dagang tersebut, katanya, baru saja mendapatkan pengakuan secara hukum, sehingga semakin termotivasi untuk memasarkannya secara luas.

Mubarokfood cukup rajin mengikuti pameran dagang di berbagai lokasi, sehingga sejumlah negara diyakini tidak asing dengan makanan khas Kudus tersebut.

Di antaranya, Australia, Korea Selatan dan Tunisia karena perwakilan dari ketiga negara tersebut sudah pernah mengetahui produk jenang Kudus saat mengikuti pameran dagang.

Perusahaan jenang Kudus tersebut, rutin menjadi target kunjungan berbagai tamu asing, bahkan dalam enam bulan pernah menerima 48 rombongan yang datang ke perusahaan makanan khas Kudus tersebut.

Untuk meyakinkan jaminan mutu dan kualitas produk jenang yang dibuat oleh Mubarokfood, sejumlah tamu yang datang mendapat kesempatan berkunjung ke tempat produksi yang dimulai dari proses awal hingga pengemasannya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…