Jenang Kudus Mubarok Ekspansi Garap Pasar Malaysia

Oleh : Irvan AF | Jumat, 24 Februari 2017 - 19:28 WIB

Jenang Kudus Mubarok. (Foto: IST)
Jenang Kudus Mubarok. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Kudus - Produsen jenang Kudus, Mubarokfood, mulai fokus menggarap pasar luar negeri, khususnya Malaysia karena dinilai menjadi pasar potensial untuk pemasaran produk jenang.

"Selama ini, pemasaran jenang ke luar negeri memang tidak secara langsung dari kami," kata Direktur Utama Mubarokfood Muhammad Hilmy di Kudus, Jumat (24/2/2017).

Untuk itu, lanjut dia, Mubarokfood mencoba menggarap pasar di Malaysia yang dinilai memiliki prospek yang bagus untuk pemasaran jenang.

Ia mengatakan, masih melakukan upaya konsolidasi terkait kemungkinan memasarkannya secara langsung jenang dari Kudus.

"Mudah-mudahan, mendapatkan hasil sehingga jenang bisa dijual secara luas di negara tetangga itu," ujarnya.

Ia mengakui, pangsa pasar tersebar saat ini masih di Pulau Jawa yang mencapai 50 persen lebih, sedangkan pangsa pasar di luar jawa hanya 15 persen.

Dalam rangka mendongkrak penjualan produk makanan yang dihasilkan, Mubarokfood juga mulai rajin melakukan penetrasi pasar untuk produk lain selain jenang khas Kudus, yakni dodol.

"Pangsa pasar dodol memang dikuasai oleh perusahaan dari luar daerah, namun kami mencoba untuk memasarkan produk serupa hasil produksi Mubarokfood," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, merek dodol yang ditawarkan juga cukup menjual, yakni dodol asia pasific.

Merek dagang tersebut, katanya, baru saja mendapatkan pengakuan secara hukum, sehingga semakin termotivasi untuk memasarkannya secara luas.

Mubarokfood cukup rajin mengikuti pameran dagang di berbagai lokasi, sehingga sejumlah negara diyakini tidak asing dengan makanan khas Kudus tersebut.

Di antaranya, Australia, Korea Selatan dan Tunisia karena perwakilan dari ketiga negara tersebut sudah pernah mengetahui produk jenang Kudus saat mengikuti pameran dagang.

Perusahaan jenang Kudus tersebut, rutin menjadi target kunjungan berbagai tamu asing, bahkan dalam enam bulan pernah menerima 48 rombongan yang datang ke perusahaan makanan khas Kudus tersebut.

Untuk meyakinkan jaminan mutu dan kualitas produk jenang yang dibuat oleh Mubarokfood, sejumlah tamu yang datang mendapat kesempatan berkunjung ke tempat produksi yang dimulai dari proses awal hingga pengemasannya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia usai menumbangkan Kroasia 4-2 dalam laga final Piala Dunia 2018. (FOTO: @FIFAWorldCup /Twitter)

Senin, 16 Juli 2018 - 01:31 WIB

Prancis Juara Piala Dunia 2018 di Rusia

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Les Blues menekuk Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Suasana Nobar Final Piala Dunia di Kementerian PUPR (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 15 Juli 2018 - 22:26 WIB

Nobar Final Piala Dunia, Menteri Basuki Jagokan Tim Kroasia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara nonton bareng atau Nonton Bareng Final Piala bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta seluruh jajaran keluarga besar…

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Minggu, 15 Juli 2018 - 21:52 WIB

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Sebagai kelanjutan dari Strategi Roadmap Premiumisasi, PT Piaggio Indonesia kembali menghadirkan pameran Mall to Mall di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, dari tanggal 9 Juli hingga 15 Juli 2018.…

PLTS Ilustrasi (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 20:02 WIB

Tingkatkan Pemanfaatan PLTS, Kementerian ESDM Siapkan Regulasi PLTS Atap

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong peningkatkan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Ilustrasi Migas (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 19:30 WIB

Kementerian ESDM: Komitmen Pasti Investasi Migas Senilai US$1 Miliar Lebih Besar Dari Tahun Sebelumnya

Sebanyak 25 kontrak migas gross split yang ada, menghasilkan total komitmen pasti investasi sekitar US$1 miliar atau Rp 14 triliun.