Jenang Kudus Mubarok Ekspansi Garap Pasar Malaysia

Oleh : Irvan AF | Jumat, 24 Februari 2017 - 19:28 WIB

Jenang Kudus Mubarok. (Foto: IST)
Jenang Kudus Mubarok. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Kudus - Produsen jenang Kudus, Mubarokfood, mulai fokus menggarap pasar luar negeri, khususnya Malaysia karena dinilai menjadi pasar potensial untuk pemasaran produk jenang.

"Selama ini, pemasaran jenang ke luar negeri memang tidak secara langsung dari kami," kata Direktur Utama Mubarokfood Muhammad Hilmy di Kudus, Jumat (24/2/2017).

Untuk itu, lanjut dia, Mubarokfood mencoba menggarap pasar di Malaysia yang dinilai memiliki prospek yang bagus untuk pemasaran jenang.

Ia mengatakan, masih melakukan upaya konsolidasi terkait kemungkinan memasarkannya secara langsung jenang dari Kudus.

"Mudah-mudahan, mendapatkan hasil sehingga jenang bisa dijual secara luas di negara tetangga itu," ujarnya.

Ia mengakui, pangsa pasar tersebar saat ini masih di Pulau Jawa yang mencapai 50 persen lebih, sedangkan pangsa pasar di luar jawa hanya 15 persen.

Dalam rangka mendongkrak penjualan produk makanan yang dihasilkan, Mubarokfood juga mulai rajin melakukan penetrasi pasar untuk produk lain selain jenang khas Kudus, yakni dodol.

"Pangsa pasar dodol memang dikuasai oleh perusahaan dari luar daerah, namun kami mencoba untuk memasarkan produk serupa hasil produksi Mubarokfood," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, merek dodol yang ditawarkan juga cukup menjual, yakni dodol asia pasific.

Merek dagang tersebut, katanya, baru saja mendapatkan pengakuan secara hukum, sehingga semakin termotivasi untuk memasarkannya secara luas.

Mubarokfood cukup rajin mengikuti pameran dagang di berbagai lokasi, sehingga sejumlah negara diyakini tidak asing dengan makanan khas Kudus tersebut.

Di antaranya, Australia, Korea Selatan dan Tunisia karena perwakilan dari ketiga negara tersebut sudah pernah mengetahui produk jenang Kudus saat mengikuti pameran dagang.

Perusahaan jenang Kudus tersebut, rutin menjadi target kunjungan berbagai tamu asing, bahkan dalam enam bulan pernah menerima 48 rombongan yang datang ke perusahaan makanan khas Kudus tersebut.

Untuk meyakinkan jaminan mutu dan kualitas produk jenang yang dibuat oleh Mubarokfood, sejumlah tamu yang datang mendapat kesempatan berkunjung ke tempat produksi yang dimulai dari proses awal hingga pengemasannya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Senin, 20 November 2017 - 13:59 WIB

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Perusahaan pengelola tambang emas Martabe PT Agincourt Resources meresmikan gedung baru gelanggang pertunjukan terbuka(amphitheatre) Sopo Daganak berkapasitas 500 penonton di Jalan 2 Desa Napa,…