Kemenpar akan Jaring Wisman Spanyol

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Januari 2019 - 09:00 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Menteri Pariwisata Arief Yahya

INDUSTRY.co.id - London - Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebutkan Kemenpar akan yang melancarkan strategi "Shifting to the Front", untuk mencapai target nasional 10 juta wisatawan mancanegara pada semester pertama dengan memaksimalkan penggunaan anggaran pada setengah tahun pertama, dan siap menjaring wisatawan dari Spanyol.

Hal tersebut akan menjadi tantangan dan Indonesia harus optimis dapat mencapai 10 juta pengunjung di semester pertama, demikian Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Antara London, Senin (21/1/2019)

Kementerian Pariwisata mengawali tahun 2019 dengan menetapkan target 10 juta wisman pada semester I, salah satu cara yang dilakukan adalah menggenjot promosi pariwisata di sejumlah negara di wilayah Eropa untuk wisman pada semester I.

Selain promosi di negara Belanda, Austria, Luksemburg, dan Finlandia, Kemenpar juga melakukan promosi di Spanyol dengan berpartisipasi pada pameran Feria Internacional de Turismo (FITUR) Madrid 2019. Pameran pariwisata terbesar di Spanyol ini yang akan diadakan di Feria de Madrid, Spanyol, selama lima hari mulai tanggal 23 hingga 27 Januari mendatang.

Director of Marketing Development for Europe Region, Agustini Rahayu kepada Antara London, Senin menyebutkan dalam pameran yang diadakan untuk ke-39 kalinya Indonesia yang diwakili Kementerian Pariwisata menempati lahan seluas 130,5 m2 terletak di hall 6 stand number 6D07, dengan memfasilitasi 18 industri yang terdiri dari tiga hotel/akomodasi, 14 travel agent/tour operator, 1 BUMN pariwisata.

Paviliun Indonesia masih akan mengangkat tema kapal Phinisi dan menampilkan nuansa Bali, ujarnya.

Saat ini Spanyol menempati posisi ke-7 dalam hal jumlah kunjungan wisatawan dari Eropa ke Indonesia. Grafik pertumbuhan wisman Spanyol terus menunjukkan tren yang positif. Pada tahun 2017, sejumlah 81.690 wisman Spanyol berkunjung ke Indonesia, dan meningkat menjadi 86.558 atau naik sebesar 5,95% di tahun 2018

Pada tahun 2018 lalu FITUR Madrid diikuti oleh 10.190 exhibitors dan dihadiri oleh 250.980 pengunjung dari 165 negara dengan skema tiga hari pertama untuk trade fair (B2B) dan dua hari terakhir untuk consumer day (B2C).

Menurut Agustini Rahayu, beberapa aktifitas dalam Paviliun Indonesia, antara lain Business to Business (B2B) merupakan aktifitas sellers meet buyers yang bertujuan untuk memfasilitasi transaksi penjualan paket-paket wisata Indonesia. Business to Consumer (B2C) merupakan aktifitas sellers meet customers dimana pengunjung umum mengunjungi para sellers untuk mendapatkan informasi seputar paket wisata Indonesia sekaligus melakukan transaksi pembelian paket wisata yang dikehendaki.

Paviliun Indonesia juga akan menampilkan pertunjukan budaya yang bertujuan memberikan gambaran kekayaan budaya Indonesia berupa pertunjukan tari tradisional Indonesia serta karnaval. Selain itu, juga terdapat demo body painting/henna serta pemutaran film di TVC tagline Wonderful Indonesia yaitu explore further, ajakan untuk mengeksplor keindahan alam, kesenian dan kerajinan yang unik, musik yang khas, kekayaan gastronomi, serta destinasi wisata.

Selain itu paviliun Indonesia menyediakan Hospitality Corner yang merepresentasikan keramahan masyarakat Indonesia dimana akan disajikan kopi tradisional Indonesia dengan citarasanya sudah tidak diragukan lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…