Besok, Tiga Ruas Tol di Trans Jawa Diberlakukan Tarif Baru, Ini Besarannya!

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 20 Januari 2019 - 13:15 WIB

 PT Jasa Marga Tbk (JSMR) / http://pasarmodal.inilah.com
PT Jasa Marga Tbk (JSMR) / http://pasarmodal.inilah.com

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT Jasa Marga Tbk berencana mengenakan tarif tol Trans Jawa, yang akan mulai diberlakukan pada Senin (21/1/2019) pukul 00.00 WIB. 

Pemberlakuan tarif baru ini sesuai dengan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono soal penetapan besaran tarif untuk tiga ruas tol yang menjadi bagian jaringan Jalan Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur dan perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur.

Pengganti Tugas (PGS) General Manager (GM) PT Jasa Marga Surabaya-Gempol, Bagus Cahya AB mengatakan, ada tiga ruas tol yang dikenakan tarif baru. Antara lain, ruas tol relokasi Porong-Gempol segmen Porong-Kejapanan pada Jalan Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati.

"Pemberlakuan tarif baru ini ditetapkan menyusul beroperasinya secara penuh sejumlah seksi atau segmen pada tiga ruas tol tersebut," jelasnya di Surabaya, Sabtu (19/1/2019).

Secara rinci, dia memaparkan besaran tarif untuk Relokasi Porong-Gempol pada Jalan Tol Surabaya Gempol  adalah Rp. 9.000 yang terdiri dari Seksi Porong-Kejapanan Rp. 6.000 dan Seksi Kejapanan-Gempol Rp. 3.000.

Berdasarkan Kepmen PUPR No. 62/KPTS/M/2019, besaran tarif untuk Jalan Tol Ngawi-Kertosono adalah Rp. 88.000 (Klitik-Kertosono). Sementara besaran tarif untuk Jalan Tol Gempol-Pasuruan adalah Rp. 36.000 (Gempol JC-Grati) sesuai Kepmen PUPR No. 50/KPTS/M/2019.

Selain Jalan Tol Porong-Gempol, Jalan Tol Ngawi-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan, tarif tol juga diberlakukan di tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah, yakni Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Tol Semarang-Solo. Ketiga ruas jalan tol tersebut juga merupakan bagian jaringan Tol Trans Jawa yang belum lama ini diresmikan.

Dengan diberlakukannya tarif Tol Trans Jawa secara penuh, perhitungan tarif total untuk Golongan I jarak terjauh mulai Senin (21/1/2019) adalah:

• Jakarta (Jakarta-Cikampek) - Semarang Rp 334.500

• Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek) -Semarang Rp 397.500

• Jakarta (Jakarta-Cikampek) - Surabaya (Kejapanan Utama) Rp 660.500

• Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek) - Surabaya Rp 723.500

• Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 712.500

• Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 775.500

Meski sudah diberlakukan tarif baru, namun sebagai bentuk upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan, PT Jasa Marga (Persero) memberikan diskon tarif sebesar 15% selama dua bulan sejak pemberlakuan tarif baru. Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam 1 Cluster di Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier).

"Diskon 15% diberikan oleh BUJT kepada pengguna jalan tol dengan jarak terjauh, karena kami memprioritaskan konektivitas yang tercipta antar satu daerah dengan daerah lainnya," tandas Bagus.

Artinya, lanjut dia, untuk diskon tarif 15% pada Cluster II hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di Gerbang Tol (GT) Palimanan dan keluar di GT Kali Kangkung, serta sebaliknya. Sementara itu untuk diskon 15% pada Cluster III hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Banyumanik dan keluar di GT Warugunung, serta sebaliknya. Dan diskon tarif 15% pada Cluster IV hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya. Diskon tidak berlaku untuk pengguna jalan yang masuk dan keluar selain dari dan menuju gerbang tol yang telah disebutkan.

Direktur Utama PT Jasa Marga Gempol-Pasuruan, Rahardjo menambahkan, diskon tarif tol juga khusus berlaku bagi pengguna jalan dengan saldo uang elektronik cukup, tidak berlaku untuk pengguna jalan dengan saldo uang elektronik yang kurang saldo serta juga tidak berlaku untuk uang elektronik yang tidak dapat dibacakan.

"Diskon ini sengaja diberikan guna memberikan apresiasi kepada masyarakat selain juga untuk merangsang pengguna jalan untuk menggunakan jalan tol," tuturnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).