Wujudkan Resolusi Hidup Sehat, Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Januari 2019 - 10:17 WIB

Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019
Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Mengawali 2019, untuk pertama kalinya PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menggelar kompetisi lari untuk menggalang donasi bertajuk Sun Life Resolution Run 2019 yang akan digelar pada hari Minggu, 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Lebih dari 1.500 peserta dari berbagai usia akan berpartisipasi pada ajang yang akan digelar secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye regional perusahaan ‘Live Healthier Lives’, yang mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat, #LebihBaik Sekarang.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia menyampaikan, berdasarkan data Riskesdas 2018, angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (usia di atas 18 tahun) mengalami peningkatan, dari 11,5% pada 2013, menjadi 13,6% pada 2018. Peningkatan juga terjadi pada prevalensi obesitas, dari 14,8% di 2013 menjadi 21,8% di 2018.

"Fakta ini sejalan dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’ – yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed)," kata Elin di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Elin menambahkan, berangkat dari kepedulian akan kesehatan generasi saat ini, Sun Life menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang mengajak masyarakat untuk mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat, sebagai resolusi penting dalam mengawali tahun yang baru.

"Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial," tambahnya.

Tingginya prevalensi overweight dan obesitas yang terjadi di masyarakat Indonesia, berbanding lurus dengan kurangnya aktivitas fisik2 dan ditunjukkan dengan peningkatan jumlah masyarakat yang dinilai kurang gerak - dari 26,1% pada 2013, menjadi 33,5% di 2018.

Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 menjelaskan, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh.

"Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu), olahraga lari dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada
peningkatan produktivitas," katanya.

Faktanya, minat masyarakat terhadap olahraga lari juga sangat tinggi. Berdasarkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/17, 60% responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya. Hal ini juga dibuktikan dengan catatan jumlah kompetisi lari yang digelar di Indonesia sepanjang 2018 mencapai lebih dari 340 kompetisi.

Dr. Grace menambahkan, ajang kompetisi dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat dan motivasi berolahraga, karena dilakukan secara bersama-sama, serta dapat membantu memacu diri untuk terus berlatih. Bagi para peserta kompetisi lari, tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil yang maksimal pada saat berkompetisi dan di luar kompetisi, antara lain: menjaga asupan yang sesuai, mengenali kondisi diri, serta melakukan latihan secara rutin.

"Namun perlu diingat, menjalani pola hidup sehat bukan sekedar mampu menyelesaikan kompetisi dengan baik, namun merupakan komitmen berkelanjutan yang membutuhkan kesinambungan antara aktivitas fisik rutin, dengan aspek kesehatan lain seperti pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup," ungkapnya.

Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia menambahkan, digelar di awal tahun, ‘Sun Life Resolution Run 2019’ menjadi momentum yang pas untuk memulai resolusi hidup yang lebih sehat. Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin mengajak dan memotivasi berbagai generasi untuk mencapai resolusi yang mereka tetapkan, karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, ini tentang melakukan aksi nyata.

"‘Sun Life Resolution Run’ sendiri merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Di Indonesia, ini adalah kali pertama ‘Sun Life Resolution Run’ digelar, dan akan hadir dalam 3 kategori lomba: 5K, 10K dan Family Run 1.5K.” tambahnya.

Selain melibatkan masyarakat umum, turut berpartisipasi pada kegiatan ini, dua public figure yang juga terus mengampanyekan pentingnya hidup sehat, dan telah rutin melakukan aktivitas olahraga lari: Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. Bersama Sun Life, keduanya terlibat aktif menggaungkan semangat ‘Live Healthier Lives’, untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

“Selain menjadi ajang perwujudan resolusi untuk diri sendiri, ‘Sun Life Resolution Run 2019’ juga mengajak pesertanya untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes. Karena, seluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta, akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia,” tutup Shierly.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.