Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Oleh : Wiyanto | Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Beras (Foto/Rizki Meirino)
Beras (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi Borneo khususnya di wilayah Krayan.

Pelepasan Export dilakukan oleh Ka.BB Biogen mewakili Kementerian Pertanian. Juga acara yg dihadiri Wakil bupati nunukan, Dinas Pertanian Propinsi dan Kabupaten, Camat Krayen dan ketua adat besar Krayen serta BPTP Kaltim. Dilakukan pelepasan secara simbolis untuk ekapor je malaysia hari ini, namun setiap kali panen sekitar 10 ton beras adan secara periodik di export ke Malaysia dan Brunei. Peserta hadir pada pelepasan beras adan tersebut sekitar 300 orang.

Pagi, kamis tanggal 17 januari 2019 dilaksanakan Eksport beras Adan ke negara tujuan Malaysia.

Ka. Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian sangat mengapresiasi masyarakat Krayan, pemerintah kabupaten Nunukan serta pemerintah provinsi Kaltara, karena mampu melestarikan sumber daya genetik, sumber daya hayati dan juga memanfaatkannya untuk membangun ketahanan pangan bahkan sampai mengembangkannya untuk ekspor.

"Luas sawah diseluruh wilayah Krayan sendiri sebesar 3.466 hektar dan rarata2 produksi setiap panen sebanyak 14.000 ton GKP setara beras 8.568 ton. Harapannya kedepan wilayah perbatasan Krayen bisa menjadi lumbung pangan berorientasi export di Prov. Kaltara," katanya di Kaltara, Kamis (17/1/2019).

Peluncuran ekspor padi adan secara tradisional merupakan bentuk dukungan pemerintah khususnya didaerah terhadap aktivitas perdagangan lintas batas yang telah berlangsung selama ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:47 WIB

Bakamla Dukung Telkom Amankan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatanganiPerjanjian Kerja Sama Pengawasan dan Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:33 WIB

BI Dukung Akselerasi Perekonomian Provinsi Kepri melalui Penguatan Potensi Sektor Unggulan​

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendukung akselerasi perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) melalui penguatan potensi sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).