Jamkrindo Hadir Kembali di Palu Beri Bantuan Percepatan Pemulihan Pasca Bencana

Oleh : Wiyanto | Kamis, 17 Januari 2019 - 07:17 WIB

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto (kedua kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan pembangunan ruang perpustakaan dan pembuatan taman bacaan untuk SD Negeri 1 Biromaru, dan memberikan pembangunan ruang kelas kepada Madrasah Ibtidaiyah Al Kha
Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto (kedua kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan pembangunan ruang perpustakaan dan pembuatan taman bacaan untuk SD Negeri 1 Biromaru, dan memberikan pembangunan ruang kelas kepada Madrasah Ibtidaiyah Al Kha

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menyebabkan derita mendalam bagi masyarakat. Untuk itu upaya bangkit dari derita membutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk di dalamnya keberlangsungan pendidikan di Palu dan kawasan yg terdampak bencana

Untuk mendukung percepatan pemulihan kondisi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pasca bencana, Perum Jamkrindo kembali menyerahkan bantuan sosial yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto. Ini merupakan bantuan lanjutan dari Perum Jamkrindo yang sebelumnya telah secara langsung memberikan bantuan kepada masyarakat di Palu dan sekitarnya.

Pada pendistribusian bantuan lanjutan, Perum Jamkrindo bersinergi dengan Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) dan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Perum Jamkrindo, dan Kowajasa Group. Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, dalam distribusi bantuan lanjutan ini, Perum Jamkrindo memberikan bantuan pembangunan ruang perpustakaan dan pembuatan taman bacaan untuk SD Negeri 1 Biromaru. Selain itu Perum Jamkrindo juga memberikan pembangunan ruang kelas kepada Madrasah Ibtidaiyah Al Khairaat Pengawu.

Bantuan ini bukan kali pertama kami berikan di Palu-Donggala. Sebelumnya, kami telah mengirimkan bantuan secara berkelanjutan yang dikirimkan melalui sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) yang ditunjuk menjadi koordinator penyaluran bantuan bencana alam Palu dan Donggala serta secara mandiri langsung ke masyarakat Palu, ujar Randi di Palu, Rabu (16/1/2019).

Sebagai perusahaan yang menaruh perhatian besar atas pengembangan sumber daya manusia, Perum Jamkrindo senantiasa menaruh perhatian besar pada dunia pendidikan. Pada perayaan ulang tahun yang ke-48 pada Juli tahun lalu misalnya, Perum Jamkrindo merayakannya dengan memberikan bantuan paket pendidikan ke berbagai sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain memberikan bantuan pendidikan ke sekolah, Perum Jamkrindo juga memberikan bantuan untuk para karyawan dan tenaga outsourching di lingkungan internal Jamkrindo dengan melibatkan Kowajasa Group sebagai koperasi karyawan Perum Jamkrindo. Saya juga mengapresiasi segenap insan Perum Jamkrindo yang saling bahu membahu secara antusias untuk membantu meringankan beban masyarakat di Palu lewat penggalangan dana secara mandiri, ujar Randi.

Adapun untuk mendukung percepatan pembangunan di Palu dan Donggala, Perum Jamkrindo berkomitmen untuk hadir memberikan layanan penjaminan yang prima. Selain memberikan bantuan untuk masyarakat umum, Perum Jamkrindo juga memberikan bantuan kepada karyawan Perum Jamkrindo yang terkena dampak bencana. Total nilai bantuan yang didistribusikan untuk masyarakat dan karyawan Perum Jamkrindo tercatat sebesar Rp 375 juta. Bantuan lanjutan ini diharapkan bisa membantu mempercepat pemulihan pasca bencana di Palu dan Donggala.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Biromaru, Rahmawati mengapresiasi kepedulian Perum Jamkrindo terhadap pendidikan. Ia berharap bantuan tersebut akan bermanfaat dan meningkatkan minat membaca para siswa-siswi. "Saya berterima kasih sekali terhadap Perum Jamkrindo, ujar dia.

Pada kesempatan kali ini Direktur Utama Perum Jamkrindo juga menyempatkan untuk bertemu dan bersilahturahmi dengan para karyawan/ti yang terdampak bencana. Selain memberikan bantuan, ia juga berkeliling untuk melihat situasi kota palu. "Sinergi BUMN untuk hadir di kota Palu semoga bisa dirasakan betul manfaatnya bagi masyarakat sekitar, " ujar Randi.

Adapun Kepala Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia Perum Jamkrindo Erna Zubaeda menambahkan bahwa budaya perusahaan yang responsif merupakan salah satu kunci keberhasilan Perum Jamkrindo melibatkan segenap insannya untuk dalam kegiatan kemanusiaan dan memiliki kepekaan terhadap permasalahan sosial. Tidak hanya bersama-sama melakukan pengumpulan dana bagi para korban bencana, insan Perum Jamkrindo juga hadir menjadi relawan pada Oktober Silam. "Budaya perusahaan kami internalisasi dalam kehidupan sehari-hari, " ujar Erna.

Selain menjadi penjaminan program KUR, Jamkrindo juga menjaminkan banyak produk lainnya, seperti penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit umum, penjaminan kredit multiguna, penjaminan kredit distribusi barang, penjaminan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Di samping itu, Jamkrindo juga menjadi penjaminan kredit kendaraan bermotor, penjaminan surety bond, penjaminan custom bond, penjaminan bank garansi atau kontra garansi, penjaminan supply chain financing, penjaminan fintech lending dan penjamin sistem resi gudang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerbau di persawahan

Rabu, 20 Maret 2019 - 07:38 WIB

Kementan tingkatkan pengawasan terhadap pemasukan daging kerbau asal India

Jakarta, Adanya pemberitaan di beberapa media online terkait kejadian kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa negara bagian di India, telah meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.