Bappenas Perkuat Pendidikaan Vokasi Hadapi Industri 4.0

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Januari 2019 - 07:20 WIB

Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)
Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro ingin memperkuat pendidikan vokasi dan mendorong kewirausahaan di lembaga pendidikan dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0.


"Kita ingin memperkuat yang namanya pendidikan vokasi yang langsung terkait dengan dunia kerja dan kemudian mendorong juga kewirausahaan dalam pendidikan vokasi tersebut," ujar Bambang usai menghadiri seminar dan dialog nasional "Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia", di Jakarta, Senin (14/1/209)

Bambang mengatakan intinya pemerintah akan fokus pada produktivitas, namun yang menjadi prioritas sekarang adalah memperkuat pendidikan vokasi. Sedangkan untuk pendidikan umum akan diarahkan ke "link and match" yang lebih baik dengan dunia kerja.

"Infrastruktur terkait kalau untuk pendidikan vokasi pasti sarana dan prasarana terutama laboratorium atau bengkel yang diperlukan. Sedangkan untuk pendidikan umum, saya pikir yang paling penting adalah mendorong yang namanya riset dan pengembangan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha," kata Kepala Bappenas seperti dilansir Antara.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla menilai Revolusi Industri 4.0 merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dan harus dijalani.

"Ini (Industri 4.0) adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, negara kita masih cukup (jumlahnya) tenaga kerjanya dan ini malah menjadi keuntungan," kata Wapres Jusuf Kalla kepada awak media.

Wapres juga menyebut bahwa otomatisasi yang merupakan bagian dari Industri 4.0 tidak bisa dihindari, namun dirinya berpesan bahwa Indonesia juga harus berhati-hati dalam menyikapi otomatisasi untuk hal-hal tersebut karena tidak semua Industri 4.0 harus robot.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.