Denpasar Bali Duduki Posisi Keempat Destinasi Favorit Wisatawan Milenial

Oleh : Ridwan | Minggu, 13 Januari 2019 - 12:10 WIB

Ilustrasi Pura di Bali. (Momment/tonnaja.com)
Ilustrasi Pura di Bali. (Momment/tonnaja.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pulau Dewata Bali menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan milenial 2019. Dalam daftar yang dikeluarkan perusahaan aplikasi pemesanan tiket, Hopper, Denpasar menduduki posisi 4 destinasi paling ngetren.

Hopper menempatkan Bora Bora posisi pertama dalam 10 destinasi paling ngetren buat milenial tahun 2019. Popularitas pulau di Prancis Polinesia ini meningkat 24% dibanding tahun lalu.

Menyusul di peringkat kedua adalah St Martin di Kepulauan Karibia. Sedangkan Aspen Colorado di Amerika Serikat menempati posisi ketiga.

Posisi 5-10 ditempati Kahului (Hawaii, AS), Dublin (Irlandia), Saint Lucia, Tokyo (Jepang), Palm Springs (California, AS) dan Anchorage (Alaska, AS).

Dalam aplikasi Hopper, terdapat fitur Watch a Trip. Di fitur ini traveler bisa memasukkan destinasi yang diinginkan dan Hopper akan memberikan notifikasi ketika ada tiket murah dalam rute tersebut.

Hasilnya, kebanyakan yang jadi favorit adalah destinasi pantai. Tapi pegunungan bersalju untuk wisata ski juga masih banyak diminati.

Berdasarkan hasil riset World Youth Student and Educational (WYSE) Travel Confederatio, ada beberapa kriteria destinasi yang menjadi pilihan turis milenial. Melalui The Millennial Traveller Report, WYSE menjabarkan bahwa turis modern kini tidak puas bila hanya berlibur dengan berdiam di sekitar pantai. Mereka umumnya memilih kegiatan atraktif saat berlibur. Misalnya, mendatangi suatu tempat wisata yang tengah menggelar konser musik besar.

Ada juga yang menghabiskan waktu liburan dengan berwisata kuliner di berbagai restoran lokal. Atau juga mencari tantangan, seperti menikmati arung jeram dan menyusuri jalur pendakian unik.

Hal ini ditanggapi serius Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dia mengatakan, strategi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ke depan adalah menjaring wisatawan milenial. Hal tersebut dikarenakan saat ini isu yang berkembang adalah tentang milenial.

"Sebanyak 50 persen wisatawan mancanegata yang ke Indonesia adalah milenial. Namun sayangnya, paket tour hingga calendar of event(CoE) kita belum milenial friendly. Ini yang ke depan harus diubah. Saya akan buat CoE yang dibutuhkan milenial," kata Menpar Arief Yahya di Jakarta (12/1/2019).

Dijelaskannya, pasar pariwisata Asia didominasi wisatawan milenial berusia 15-34 tahun, yang mencapai 57 persen. Di China, generasi milenial akan mencapai 333 juta orang, Filipina 42 juta, Vietnam 26 juta, Thailand 19 juta, sedangkan Indonesia 82 juta orang.

"Ke depan destinasi wisata harus memiliki spot utuh. Tak hanya indah di kamera, tetapi juga indah di pandangan mata," pungkas Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.