Tim Tanggap Darurat Bersihkan Sisa Rembesan

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 12 Januari 2019 - 08:22 WIB

Kondisi terakhir lokasi tumpahan solar di bibir pantai sekitar Jetty Pertamina Parepare (Doc: Pertamina).
Kondisi terakhir lokasi tumpahan solar di bibir pantai sekitar Jetty Pertamina Parepare (Doc: Pertamina).

INDUSTRY.co.id -

Pare Pare Tim Tanggap Darurat Pertamina sejak Kamis (10/01) pagi hingga Jumat (11/01) dini hari melanjutkan upaya pembersihan sisa rembesan Solar di perairan sekitar TBBM Pare Pare hingga ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cempae. 20 petugas tim menyemprotkan 200 liter Oil Dispersant ramah lingkungan di wilayah terdampak.

Pemantauan pagi ini, tidak terlihat lagi rembesan Solar di area jetty TBBM Pare Pare dan sekitar keramba ikan nelayan. Wilayah sepanjang Pantai Cempae Parepare serta perairan Bili-Bili Pinrang pun sudah kembali seperti sedia kala.

Hasil pemeriksaan awal menyebutkan rembesan berasal dari kapal tanker MT Golden Pearl XIV yang membawa kargo Premium sebanyak 3.500 Kilo Liter (KL) dan Solar 3.100 KL. Rembesan bukan berasal dari kargo, karena proses bongkar BBM telah selesai dan jumlahnya tidak berkurang.

Unit Manager Communication & CSR, M. Roby Hervindo menjelaskan kerusakan pada pendingin LO Cooler A/E kapal ditengarai sebagai penyebab rembesan. "Kerusakan telah ditangani sehingga tidak berdampak lebih luas. Perhitungan jumlah rembesan Solar tidak lebih dari 0,8 KL," ujar Roby.

Tim memasang Oil Boom untuk melokalisir rembesan. Serta menyemprotkan Oil Dispersant ramah lingkungan untuk mengurai rembesan Solar di perairan, lanjut Roby.

Tim tanggap darurat Pertamina bersama-sama dengan KSOP, Kepolisian dan Angkatan Laut hari ini (Jumat 11/01) kembali melanjutkan langkah penanggulangan. Tim tanggap darurat akan terus melakukan pembersihan hingga benar-benar tuntas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paparan kinerja keuangan 2018 PT Pegadaian (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 13:12 WIB

Didukung Produk Inovatif Digital, Pegadaian Berhasil Raih Laba 2,77 Triliun

PT Pegadaian (Persero) meraih pertumbuhan laba bersih sebesar 10,4% menjadi Rp. 2,77 triliun pada tahun lalu dibandingkan dengan 2017.

MRT Jakarta

Senin, 25 Maret 2019 - 12:35 WIB

Kadin: MRT Mampu Dorong Produktivitas Pekerja Dan Untungkan Dunia Usaha

Moda angkutan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai beroperasi pada akhir Maret 2019. Kehadiran transportasi massal ini diperkirakan mampu mendorong produktivitas para pekerja dan menguntungkan…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 12:30 WIB

Optimalisasi Sumber Ekonomi Baru sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau

Optimalisasi sumber ekonomi baru menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, baik nasional maupun daerah. Di Provinsi Riau (Prov. Riau), sektor pertanian dan pertambangan masih menjadi sektor andalan…

Ilustrasi inflasi

Senin, 25 Maret 2019 - 12:20 WIB

Inflasi Jakarta Pada Level Rendah

Jakarta - Stabilitas harga menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi DKI Jakarta. Kerjasama yang erat dan koordinasi yang terjalin antara Bank Indonesia…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 11:53 WIB

Capres Prabowo Subianto: Torang Samua Basudara

Calon Presiden Prabowo Subianto mengawali kampanye terbuka di Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam pidatonya di depan ribuan warga Manado, Prabowo menyatakan pentingnya persatuan dan jangan sampai…