Entas Kemiskinan, Mentan Tebar Ayam Kampung Petelur Unggul Untuk 11 Ribu RTM

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 12 Januari 2019 - 07:57 WIB

Mentan Amran Sulaiman saat memperlihatkan komoditas pertanian yang sudah siap edar
Mentan Amran Sulaiman saat memperlihatkan komoditas pertanian yang sudah siap edar

INDUSTRY.co.id -

Tasikmalaya, Jawa Barat - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan hampir 600 ekor ayam kampung petelur unggul. Bantuan yang merupakan bagian dari Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) ini diberikan kepada 11 ribu lebih Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kiara Kiarajangkung, Kec. Sukahening , Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (11/1).

"Kita semua berharap dengan bantuan ini cita-cita Desa Mandiri Bibit Ayam Kampung Unggul dapat terwujud,"ujar Amran dihadapan ribuan orang yang menyaksikan penyerahan bantuan. Termasuk RTM penerima bantuan, penyuluh tingkat kabupaten, serta santri dari sekitaran Tasikmalaya.

Setiap RTM menerima 50 ekor ayam yang dilengkapi dengan kandang sederhana, pakan untuk pemeliharaan selama 6 bulan, pelayanan vaksin dan obat hewan, serta pendampingan secara intensif (Bimbingan Teknis-Bimtek, dan pelatihan Training of Trainer-ToT).

Untuk kepastian keberlanjutan usaha pengembangan ayam kampung unggul di perdesaan dapat terwujud, Menteri Amran juga menyerahkan bantuan berupa mesin tetas sejumlah 96 unit kepada 48 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang ada di Kab. Tasikmalaya.

"Dengan semangat dan optimisme para peternak, pengembangan ayam kampung unggul yang berkelanjutan akan menambah pendapatan," seru Amran.

Dalam kesempatan ini Menteri Pertanian juga melakukan panen telur hasil produksi RTM sekaligus panen bibit anak ayam umur 1 hari (day old chicken = doc) yang diusahakan oleh BUMDES AMANAH Desa Kiarajangkung.

Selain ternak ayam, bantuan juga diberikan untuk komoditas hortikultura dan perkebunan. Di antaranya ; 1. Sarana produksi manggis meliputi bibit, pupuk organik, pupuk NPK, dan pupuk hayati; 2. Sarana produksi pepaya meliputi bibit pepaya dan pupuk organik ; 3. Sarana produksi jagung manis meliputi benih,pupuk organik, pupuk dan pupuk hayati ; 4. Sarana produksi kacang panjang meliputi benih, pupuk organik dan pupuk hayati ; 5. Bibit kopi Arabica ; 6. Sarana alat mesin pertanian meliputi cultivator, handspray, rotary, tractor roda 2, tractor roda 4, dan pompa air.

Program BEKERJA telah dilakukan di 10 provinsi, 22 kabupaten dan 807 desa yang melibatkan 200.000 rumah tangga miskin (RTM) pada tahun 2018.

Kab. Tasikmalaya menjadi salah satu target sasaran program ini yang meliputi 48 Desa di 5 kecamatan : Sukahening, Cikatomas, Salopa, Jatiwaras dan Sodonghilir.

Kementerian Pertanian telah mencanangkan Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang merupakan upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintegrasi dalam rangka pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin.

Dalam mencapai tujuan tersebut Program BEKERJA melaksanakannya dalam 3 periode. Jangka pendek dilakukan dengan memberikan bantuan berupa tanaman sayuran yang dapat dipanen dalam waktu 3 bulan; untuk jangka menengah diberikan bantuan berupa ayam/itik lokal maupun domba/kambing yang sudah dapat berproduksi dalam 6 bulan; dan bantuan berupa bibit tanaman hortikultura (mangga, manggis, durian, pisang) dan tanaman perkebunan (kopi, kelapa dalam, cengkeh, pala).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…