Tahun Ini, Pertamina Targetkan 118 Pengeboran Sumur Blok Mahakam

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 11 Januari 2019 - 14:18 WIB

Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah
Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) ditargetkan bisa meningkatkan lifting gas Blok Mahakam pada tahun ini. Maklum saja, lifting gas Blok Mahakam sepanjang 2018 hanya 149.000 boepd.

Dalam work program and bugdet (WP&B) 2019, PHM ditargetkan mencapai lifting gas sebesar 196.000 boepd. Ini berarti ada peningkatan lifting gas sebesar 47.000 boepd.

Untuk mencapai target tersebut, General Manager Pertamina Hulu Mahakam, John Anis menyebut PHM akan melakukan beberapa upaya peningkatan produksi, seperti pengeboran sebanyak 118 sumur. Angka tersebut lebih tinggi dari target pengeboran PHM di Blok Mahakam tahun lalu sebanyak 63 sumur.

"Kami berusaha semaksimal mungkin karena kemarin transisi dan pada akhir transisi investasi berbeda. Tahun 2018 kami targetkan 63 sumur baru, 2019 sebanyak 118 sumur. Kami juga usahakan program lain, misal turunkan tekanan pipa gas kami,"  ujar John. 

Selain itu, John juga bilang tambahan jumlah rig di Blok Mahakam dari tiga rig menjadi lima rig pada tahun ini. Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa mencapai target lifting sesuai WP&B 2019. "Ini kami harapkan dapat hasil positif. Kami usahakan semaksimal mungkin apa yang kami usahakan dengan bantuan SKK Migas,"kata John.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.

Dirut BTN Maryono (Fot Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:00 WIB

Himbara: Industri Perbankan Memerlukan Pengaturan Suku Bunga Deposito

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memandang saat ini industri perbankan masih memerlukan pengaturan suku bunga deposito agar tidak terjadi perlombaan kenaikan suku bunga yang "tidak kondusif"…

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.