Grup TMT Bersinergi Bantu Proses Pemulihan Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Palu

Oleh : Hariyanto | Kamis, 10 Januari 2019 - 12:58 WIB

Grup TMT Bersinergi Bantu Proses Pemulihan Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Palu
Grup TMT Bersinergi Bantu Proses Pemulihan Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Palu

INDUSTRY.co.id - Palu – Grup PT Tiara Marga Trakindo (TMT) lakukan serah terima bantuan untuk proses recoveryawal ratusan korban bencana gempa bumi dan tsunami Palu melalui pelaksanaan program Early Recovery Paludengan membangun 25 unit RUMTARA RG (Rumah Sementara Ramah Gempa) di Desa Sibonu, Desa Balaroa Pewunu, dan Desa Pewunu, Kabupaten Sigi, serta merenovasi 3 ruang kelas di SDN Inpres 1 Ujuna, Palu. 

Kabupaten Sigi yang berada tidak jauh dari titik gempa merupakan salah satu wilayah yang terdampak cukup parah pasca terjadinya gempa bumi sebesar 7,4 SR pada 28 September 2018 lalu yang melanda wilayah Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

Tiara Marga Trakindo sebagai grup perusahaan memfokuskan kegiatan tanggung jawab sosialnya pada empat pilar utama yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Tanggap Bencana dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik. 

“Program Early Recovery Palu ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Tanggap Bencana Grup TMT dalam mendukung dan mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana denganmemastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan tempat tinggal dan sarana pendidikan mereka. Melalui program pembangunan RUMTARA RG di lahan pribadi warga dan juga renovasi ruang kelas, bantuan ini telah memberi manfaat bagi setidaknya 200 warga korban bencana,” ujar Rindra Donovan, selaku perwakilan dari Grup TMT melelaui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (10/1/2019).

Rindra menjelaskan bahwa sebagai bagian dari komitmen tanggung jawab sosial, Grup TMT bertekad untuk senantiasa berkontribusi aktif membantu masyarakat yang terkena bencana dan mengajak karyawan grup perusahaan untuk ikut ambil bagian. 

“Bantuan ini merupakan wujud komitmen dan sinergi dari anak-anak usaha di lingkungan Grup TMT seperti PT Trakindo Utama, Grup MahaDasha (PT Mahadana Dasha Utama), Grup ABM (PT ABM Investama, Tbk.), serta kontribusi donasi dari seluruh karyawan di lingkungan Grup TMT yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kami telah berpartisipasi aktif mengirimkan bantuan sejak masa Tanggap Darurat Palu dicanangkan dengan mengirimkan bantuan berupa alat berat, Tim Tanggap Darurat (ERT), serta bantuan logistik untuk korban bencana. Kini, kami kembali hadir mendukung masyarakat Palu dan sekitarnya pada tahap pemulihan. Kami berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat untuk segera pulih dan kembali beraktivitas secara normal,” ujarnya.

Fasilitas bantuan yang telah selesai dibangun dan mulai digunakan warga sejak tanggal 25 Desember 2018 lalu ini merupakan hasil kerjasama Grup TMT dengan Dompet Dhuafa, dan merupakan bagian dari penyelenggaraan rehabilitasi dan rekonstruksi pada tahapan pemulihan pasca bencana yang terintegrasi, dan dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 

Dengan dilakukannya serah terima secara resmi fasilitas bantuan oleh perwakilan Grup TMT kepada perwakilan warga penerima manfaat dan pihak SDN Inpres 1 Ujuna, Palu, Grup TMT berharap hal ini dapat turut mempercepat proses pemulihan Palu secara keseluruhan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.