Presiden Jokowi Minta Perum Bulog Jaga Keseimbangan Harga Beras

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Januari 2019 - 11:20 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo meninjau stok bahan pokok terutama beras di Gudang Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta,  Kelapa Gading,  Jakarta Utara,  Kamis (10/1/2019)

"Hari ini saya ingin melihat secara langsung stok kebutuhan pokok di Bulog terutama beras," kata Jokowi. 

Dalam peninjauan itu,  Presiden didampingi antara lain oleh Dirut Bulog Budi Waseso,  Mendag Enggartiasto Lukita,  Menko Perekonomian Darmin Nasution,  Mensesneg Pratikno dan Koordinator Staf Khusus Presiden Tetan Masduki.

Presiden mengatakan bahwa dari peninjauan terlihat bahwa stok beras pada akhir tahun 2018 hingga saat ini cukup banyak. 

"Dibandingkan tahun lalu,  stok kita tahum ini memang berlipat," katanya. 

Ia menyebutkan biasanya di akhir atau Desember, stok beras hanya 700.000-800.000 ton,  tetapi di akhir Desember 2018  hingga saat ini sebanyak 2,1 juta ton. 

"Ini memang besar,  dulu kalau sudah Desember segini, ini masih banyal sekali," kata Jokowi sambil menunjuk tumpukan karung beras di belakangnya. 

Menurut dia,  stok beras itu harus dipakai untuk menjaga agar harga bahan pokok terutama beras bisa sedikit turun. 

"Saya dapat info dari Dirut Perum Bulog dan kemarin saya ke cek ke pasar juga sudah turun sekitar Rp50 per kg," katanya kepada awak media.

Ia menyebutkan penurunan itu karena Bulog sudah beberapa hari terakhir ini melakukan operasi pasar secara besar-besaran untuk beras. 

"Ini untuk memberi suplai di pasar dan masyarakat," kata Jokowi.

Presiden  meminta Perum Bulog menjaga keseimbangan antara harga produksi dan harga pasar tercipta stabilitas harga pangan yang tidak memberatkan masyarakat.

"Ya memang stabilitas dibutuhkan, tapi keseimbangan harga produksi dan harga pasar harus dijaga oleh Bulog supaya masyarakat tidak menjerit," kata Presiden

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.