Bidik Wisman Belanda, Indonesia Ramaikan Vakantibeurs 2019

Oleh : Ridwan | Rabu, 09 Januari 2019 - 19:56 WIB

Pariwisata Lombok
Pariwisata Lombok

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mengawali tahun baru, Kementerian Pariwisata akan berpartisipasi pada Vakantibeurs. Inilah ajang promosi pariwisata terbesar di wilayah Belgium-Netherland-Luxembourg (Benelux). Vakantibeurs akan digelar mulai 9 Januari hingga 13 Januari 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, promosi tersebut dikhususkan untuk menarik wisman Belanda, khususnya pada masa liburan musim panas. Belanda merupakan salah satu dari 5 pasar utama di Eropa. Mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi jumlah wisman sebesar 310.000 dari target 20 juta di tahun 2019. 

“Tahun lalu, Vakantibeurs diikuti 1.126 exhibitor dan dihadiri 105.369 pengunjung dari 119 negara. Dengan skema 2 hari trade fair (B2B) dan 3 hari consumer day (B2C).  Tahun ini, animo semakin besar dan Indonesia melalui Kemenpar memfasilitasi 21 industri pariwisata. Terdiri dari 11 travel agent/tour operator, 10 hotel/akomodasi, 2 organisasi kepariwisataan, dan 1 airlines (Garuda Indonesia),” ungkapnya, Rabu (9/1/2019).
 
Dalam ajang ini, lanjut Nia, media workshop merupakan salah satu acara yang sangat dinantikan oleh peserta. Media workshop akan memberikan informasi mengenai up and rising destination yang menjadi highlight tahun 2019 kepada media partners.
 
“Demi menjaga hubungan baik antara industri pariwisata Indonesia dan Belanda, Kemenpar memfasilitasi Gathering dan Networking yang akan dihadiri oleh para partner bisnis Kemenpar. Termasuk co-exhibitor yang tergabung di paviliun Indonesia,” jelasnya.

Asdep Pemasaran Regional IV Eropa Agustini Rahayu menyatakan, fasilitasi pemantapan hubungan bisnis ini digunakan sebagai kesempatan untuk menyampaikan informasi mengenai proses pemulihan destinasi pariwisata yang terdampak bencana alam seperti Lombok. Utamanya membagi informasi kesiapan Indonesia untuk kembali menerima wisatawan. Yaitu dengan langkah recovery.

“Selain itu juga disampaikan program promosi Wonderful Indonesia destinations 2019 di Belanda. Tentunya dengan strategi-strategi baru yang lebih fresh. Mencakup promosi melalui tourism hub,” ucapnya.

Adapun program-program konkret yang dilaksanakan Kemenpar untuk pasar Eropa, antara lain dengan menggelar famtrip yang mengundang 50 pax untuk media dan TA/TO. Kemudian Sales Mission yang akan dilaksanakan pada Maret 2019 di Amsterdam dan Brussel. Selanjutnya ada Insentif Airlines/ Wholesaler berupa joint promotion pada tahun 2019.

“Kita akan melanjutkan apa yang telah dilakukan dengan travel agents besar di Belanda. Serta tawaran insentif cash kepada airlines, dan rencana  kerjasama dengan agents-agents lain yang menjual paket Indonesia,” bebernya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, membidik wisman Belanda di Tourism Hub merupakan salah satu strategi pamungkas. Ini digunakan untuk mempercepat pencapaian target wisman Balanda.

“Dalam Vakantibeurs, Kemenpar juga menampilkan Cultural Performance untuk memberikan sajian kekayaan budaya Indonesia. Antara lain dalam pertunjukan tarian, karnaval, musik, dan henna,” ucapnya.

Tak lupa, dilakukan pula pemutaran film di information screen yang mengajak pengunjung untuk explore further. Sebuah ajakan untuk mengeksplor keindahan alam, kesenian dan kerajinan yang unik, musik yang khas, kekayaan gastronomi dan destinasi wisata.  

“Kemenpar juga menyajikan Hospitality Corner yang merupakan representasi keramahan masyarakat Indonesia. Dengan sajian makanan khas, kopi, dan minuman tradisional yang dibagikan gratis sebagai mini experience kental suasana Indonesia,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MRT Jakarta

Senin, 25 Maret 2019 - 12:35 WIB

Kadin: MRT Mampu Dorong Produktivitas Pekerja Dan Untungkan Dunia Usaha

Moda angkutan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai beroperasi pada akhir Maret 2019. Kehadiran transportasi massal ini diperkirakan mampu mendorong produktivitas para pekerja dan menguntungkan…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 12:30 WIB

Optimalisasi Sumber Ekonomi Baru sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau

Optimalisasi sumber ekonomi baru menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, baik nasional maupun daerah. Di Provinsi Riau (Prov. Riau), sektor pertanian dan pertambangan masih menjadi sektor andalan…

Ilustrasi inflasi

Senin, 25 Maret 2019 - 12:20 WIB

Inflasi Jakarta Pada Level Rendah

Jakarta - Stabilitas harga menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi DKI Jakarta. Kerjasama yang erat dan koordinasi yang terjalin antara Bank Indonesia…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 11:53 WIB

Capres Prabowo Subianto: Torang Samua Basudara

Calon Presiden Prabowo Subianto mengawali kampanye terbuka di Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam pidatonya di depan ribuan warga Manado, Prabowo menyatakan pentingnya persatuan dan jangan sampai…

Dealer baru Piaggio Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 11:26 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Wilayah Tangerang dan Selatan Jakarta

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan PT Anugerah Sinergi Pratama membuka diler pertama di tahun 2019 guna memperluas jaringan untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan…