Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 Januari 2019 - 18:53 WIB

Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim (Foto Dok Industry.co.id)
Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Di penghujung tahun 2018, Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan
EDU Foundation meresmikan program pemberdayaan pemuda di desa Greol, Mojokerto, Jawa Timur. Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, serta komunitas Pondok Baiturochim, program pemberdayaan ini terdiri dari ragam kegiatan pelatihan, pendampingan, dan pemberian modal untuk budidaya lele organik.

Program pemberdayaan pemuda ini merupakan bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pemuda di desa Greol agar dapat mengembangkan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, sesuai dengan salah satu pilar Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) Allianz Indonesia yaitu pilar Pemberdayaan Ekonomi.

“Sepanjang tahun 2018, Allianz Indonesia telah menjalankan beragam program unggulan berkelanjutan yang bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat. Kami menginisiasi program pemberdayaan pemuda melalui kegiatan pembudidayaan lele organik ini untuk ikut membantu menyejahterakan para pemuda desa Greol dan masyarakat di sekitarnya,” kata Arini S. Bachtiar, Head of Corporate Events & CSR, Allianz Indonesia.

Dalam program ini, selama setahun penuh, sebanyak 25 pemuda binaan Pondok Baiturochim dilatih menjadi pengusaha lele sekaligus social entrepreneur. Pelatihan ini meliputi pelatihan budidaya lele organik aquaculture untuk mengelola, memelihara, memanen hingga memasarkan hasil lele; pelatihan pemasaran digital untuk membantu para pemuda untuk bisa mandiri memanfaatkan media online untuk memasarkan hasil lele mereka; pelatihan akuntansi dasar; pelatihan literasi keuangan dan game bisnis oleh Allianz Indonesia dengan menggunakan metode simulasi yang mudah dipahami; serta pelatihan dasar koperasi sebagai wadah mereka untuk berkembang.

“Dukungan Allianz Indonesia dalam program ini memberi kontribusi yang besar kepada para pemuda di desa Greol untuk maju dan berkembang melalui pelatihan yang menyeluruh, sehingga mereka tidak hanya mendapat pelatihan budidaya lele yang baik dan benar, tetapi juga mendapatkan keahlian mengelola pendapatan secara maksimal,” ujar Zaky Zakaria, perwakilan EDU Foundation.

Selain merupakan wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan, program ini juga menjadi salah satu pemenang pada Social Innovation Fund yang diadakan secara global oleh Allianz Group. Social Innovation Fund adalah program yang mendorong tumbuhnya inisiatif-inisiatif CSR yang inovatif, praktis, dan berkelanjutan dari unit usaha Allianz di seluruh dunia, serta mendorong partisipasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

“Seluruh rangkaian pelatihan pada program ini diharapkan mampu membantu para pemuda untuk maju dan turut meningkatkan kesejahteraan komunitasnya. Sinergi antara Allianz Indonesia, EDU Foundation, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, dan komunitas Pondok Baiturochim, diharapkan dapat menjadi katalisator untuk melahirkan pemuda Indonesia yang unggul,” tutup Arini.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

PUPR Lanjutkan Pembangunan Jalan Trans Papua

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus melanjutkan pembangunan Jalan Trans Papua demi meningkatkan konektivitas, membuka daerah terisolir dan mengurangi tingkat kemahalan harga…

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, (Foto Dok Industry.co.id_

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

20 Peserta Terbaik Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Wujud Optimisme Generasi Muda

Menjadi seorang sociopreneur atau menjalankan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat/sosial, belakangan ini menjadi pilihan populer di kalangan generasi muda Indonesia. Kreativitas tinggi, didukung…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…