Tahun Ini, Kemenkominfo Targetkan 20 Ribu Orang Digital Talent

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 09 Januari 2019 - 14:53 WIB

Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meiuncurkan data center kaduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.
Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meiuncurkan data center kaduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika ingin mencetak  sumber daya manusia yang unggul di bidang digital. Oleh karena itu, Kominfo menargetkan 20 ribu SDM untuk dilatih dalam program digital talent scholarship atau beasiswa pelatihan intensif talenta digital bagi masyarakat.

“Tahun ini kami menargetkan 20 ribu orang digital talent, dimana tahun sebelumnya 1.000 orang digital talent. Kami juga meminta Alibaba turut partisipasi dalam mendukung digital talent scholarship,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara seusai peluncuran pusat data kedua Alibaba Cloud di Indonesia, di Hotel Mulia, Rabu (9/1/2019).

Rudiantara mendesak kepada raksasa e-commerce Alibaba untuk melatih ribuan entrepreneur bidang teknologi di Indonesia. Kendati sebelumnya, pendiri Alibaba Jack Ma telah berkomitmen untuk fokus ke talenta teknisi.

Lanjutnya, kendati belum siap untuk mendirikan institut teknologi besutan Alibaba, setidaknya mereka memiliki silabus yang bagus untuk diterapkan di Indonesia. “Bawa saja silabusnya ke Indonesia nanti kita periksa kemudian disesuaikan kebutuhan di Indonesia. Padahal kan teknologinya sudah masuk ke Indonesia,” pintanya.

Lanjutnya, dalam kurun tiga hingga lima tahun mendatang perkembangan ekonomi digital itu yang banyak berperan berasal dari sumber daya manusia dari Indonesia. Meskipun talent-talent dari Indonesia banyak tapi mereka itu berada di negara orang, karena mereka tidak boleh pulang lah di iming-imingi kewarganeragaan , fasilitas lain dan lainnya.

Indonesia sendiri memang disebut-sebut kekurangan engineer terlatih dalam bidang teknologi. Kehadiran Jack Ma Institute ini diharapkan bisa melatih ratusan pengembang dan engineer di bidang cloud computing untuk membantu bisnis Indonesia lebih mengarah ke digital.

Bagi Alibaba sendiri, Indonesia merupakan salah satu pasar yang penting. Bahkan pada Maret lalu, Alibaba Cloud juga meluncurkan pusat datanya di Indonesia.

Jack Ma mengatakan, perusahaannya akan terus berinvestasi di Indonesia.

"Tidak hanya dalam bidang e-Commerce, tetapi juga cloud computing, logistik, dan infrastruktur di Indonesia. Tujuannya membantu bisnis lokal terus tumbuh," kata Jack Ma

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.