Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 09 Januari 2019 - 13:44 WIB

Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meiuncurkan data center kaduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.
Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meiuncurkan data center kaduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meluncurkan data center keduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat. Pihaknya juga menggandakan kapasitas data center perusahaan setelah peluncuran data center pertamanya di Indonesia.

Alibaba Cloud adalah satu-satunya perusahaan global penyedia Iayanan komputasi awan yang memiliki data center di Indonesia. Kedua data center Alibaba Cloud tersebut akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat, memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik. Dengan peluncuran Ini. Alibaba Cloud sekarang memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia. 

Kehadiran dua data center ini menawarkan rangkaian produk dan Iayanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, Iayanan database, jaringan. penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri vertikal.

Dengan semakin meningkatnya permintaan perusahaan Indonesia terhadap big data dan solusi analitik, Alibaba Cloud telah meluncurkan Machine Learning for AI dan selanjutnya akan menghadirkan elastic search pada bulan Januari ini untuk menyediakan kemampuan pencarian real-time, analisis data, dan visualisasi. Selain itu, Alibaba Cloud juga telah meluncurkan Smart Access Gateway (SAG), sebuah solusi SD-WAN yang menyediakan solusi one-stop cloud connectivity untuk public cloud dan hybrid cloud environment. 

“Visi Ekonomi Digital Indonesia sudah dengan jelas menetapkan arah pembangunan kita di masa depan. Target kami adalah untuk mendorong decacorn dan unicorn baru, mempercepat penumbuhan setidaknya 1.000 perusahaan rintisan, dan membantu minimal delapan juta orang di industri pertanian dan perikanan tradisional, serta UKM, untuk go digital,” kata Menteri Komunikasi dan lnformatika Rudiantara pada acara peluncuran hari ini. 

“Dengan konektivitas yang lebih baik dan komunitas digital yang bérkembang pesat, Indonesia menghadirkan peluang besar bagi perusahaan lokal dan global," ungkap Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen. “Dengan menggandakan kapasitas data center kami dan meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator di Indonesia, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam." 

Pada acara ini juga, Alibaba Cloud meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi “Go Digital 2020" dengan memben'kan pelatihan, bimbingan, dan peluang modal ventura kepada perusahaan- perusahaan dan para profesional.

Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia dan secara bertahap akan diluncurkan ke pasar global Iainnya. Alibaba Cloud mem buka program tersebut di Jakarta dengan memberikan gambaran tentang teknologi e-commerce kepada 300 penggiat start-up dan perusahaan. dengan menggunakan studi kasus Double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group. Program ini akan berlanjut ke Bali pada tanggal 12 Januan mendatang untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.