Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 09 Januari 2019 - 13:44 WIB

Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meiuncurkan data center kaduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.
Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meiuncurkan data center kaduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Rabu (9/1/2019) meluncurkan data center keduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelanggan yang semakin meningkat. Pihaknya juga menggandakan kapasitas data center perusahaan setelah peluncuran data center pertamanya di Indonesia.

Alibaba Cloud adalah satu-satunya perusahaan global penyedia Iayanan komputasi awan yang memiliki data center di Indonesia. Kedua data center Alibaba Cloud tersebut akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat, memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik. Dengan peluncuran Ini. Alibaba Cloud sekarang memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia. 

Kehadiran dua data center ini menawarkan rangkaian produk dan Iayanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, Iayanan database, jaringan. penyimpanan data, keamanan, middleware, hingga berbagai solusi untuk mengatasi tantangan industri vertikal.

Dengan semakin meningkatnya permintaan perusahaan Indonesia terhadap big data dan solusi analitik, Alibaba Cloud telah meluncurkan Machine Learning for AI dan selanjutnya akan menghadirkan elastic search pada bulan Januari ini untuk menyediakan kemampuan pencarian real-time, analisis data, dan visualisasi. Selain itu, Alibaba Cloud juga telah meluncurkan Smart Access Gateway (SAG), sebuah solusi SD-WAN yang menyediakan solusi one-stop cloud connectivity untuk public cloud dan hybrid cloud environment. 

“Visi Ekonomi Digital Indonesia sudah dengan jelas menetapkan arah pembangunan kita di masa depan. Target kami adalah untuk mendorong decacorn dan unicorn baru, mempercepat penumbuhan setidaknya 1.000 perusahaan rintisan, dan membantu minimal delapan juta orang di industri pertanian dan perikanan tradisional, serta UKM, untuk go digital,” kata Menteri Komunikasi dan lnformatika Rudiantara pada acara peluncuran hari ini. 

“Dengan konektivitas yang lebih baik dan komunitas digital yang bérkembang pesat, Indonesia menghadirkan peluang besar bagi perusahaan lokal dan global," ungkap Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen. “Dengan menggandakan kapasitas data center kami dan meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator di Indonesia, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam." 

Pada acara ini juga, Alibaba Cloud meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi “Go Digital 2020" dengan memben'kan pelatihan, bimbingan, dan peluang modal ventura kepada perusahaan- perusahaan dan para profesional.

Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia dan secara bertahap akan diluncurkan ke pasar global Iainnya. Alibaba Cloud mem buka program tersebut di Jakarta dengan memberikan gambaran tentang teknologi e-commerce kepada 300 penggiat start-up dan perusahaan. dengan menggunakan studi kasus Double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group. Program ini akan berlanjut ke Bali pada tanggal 12 Januan mendatang untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MRT Jakarta

Senin, 25 Maret 2019 - 12:35 WIB

Kadin: MRT Mampu Dorong Produktivitas Pekerja Dan Untungkan Dunia Usaha

Moda angkutan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai beroperasi pada akhir Maret 2019. Kehadiran transportasi massal ini diperkirakan mampu mendorong produktivitas para pekerja dan menguntungkan…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 12:30 WIB

Optimalisasi Sumber Ekonomi Baru sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau

Optimalisasi sumber ekonomi baru menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, baik nasional maupun daerah. Di Provinsi Riau (Prov. Riau), sektor pertanian dan pertambangan masih menjadi sektor andalan…

Ilustrasi inflasi

Senin, 25 Maret 2019 - 12:20 WIB

Inflasi Jakarta Pada Level Rendah

Jakarta - Stabilitas harga menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi DKI Jakarta. Kerjasama yang erat dan koordinasi yang terjalin antara Bank Indonesia…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 11:53 WIB

Capres Prabowo Subianto: Torang Samua Basudara

Calon Presiden Prabowo Subianto mengawali kampanye terbuka di Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam pidatonya di depan ribuan warga Manado, Prabowo menyatakan pentingnya persatuan dan jangan sampai…

Dealer baru Piaggio Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 11:26 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Wilayah Tangerang dan Selatan Jakarta

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan PT Anugerah Sinergi Pratama membuka diler pertama di tahun 2019 guna memperluas jaringan untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan…