ASUS ROG Kenalkan Laptop Gaming dengan GPU NVIDIA GeForce RTX di Awal 2019

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Januari 2019 - 11:43 WIB

ASUS ROG Kenalkan Laptop Gaming dengan GPU NVIDIA GeForce RTX di Awal 2019
ASUS ROG Kenalkan Laptop Gaming dengan GPU NVIDIA GeForce RTX di Awal 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ASUS mengumumkan jajaran laptop gaming Republic of Gamers (ROG) yang telah mengadopsi GPU terkini Nvidia GeForce RTX di ajang CES 2019, terdapat tiga seri laptop gaming ROG RTX yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX siap mendominasi pasar gaming dunia. 

Tiga varian laptop ROG RTX ini juga tampil sebagai standar baru dunia portable PC gaming yang akan memberikan pengalaman terbaik di semua jenis game terkini. Tiga seri laptop gaming ROG baru dengan GPU NVIDIA GeForce RTX tersebut adalah ROG G703 yang sangat bertenaga, ROG Zephyrus yang ramping, serta ROG Strix yang dirancang untuk pemain eSports profesional.

“ROG selalu menjadi yang terdepan dalam menghadirkan inovasi terkini untuk perangkat gaming. Kali ini pengalaman bermain game kembali ditingkatkan melalui lini laptop gaming ROG RTX yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX. Tidak bisa dipungkiri lagi, jajaran laptop gaming ROG RTX kali ini merupakan mesin gaming portabel terbaik yang pernah ada.” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (9/1/2019).

Tidak hanya sekadar menghadirkan performa yang kencang, laptop gaming ROG RTX ini juga tampil dengan beragam fitur eksklusif yang menandakan komitmen kuat ASUS pada industri gaming. Laptop gaming ROG RTX kali ini sudah dilengkapi layar dengan bezel super tipis untuk pengalaman gaming tanpa batas. Selain itu, ASUS juga menghadirkan teknologi pendingin serta komponen terbaik untuk memastikan sesi bermain game tanpa hambatan.

Seluruh jajaran laptop gaming ROG RTX kali ini ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce RTX terbaru. GPU yang menggunakan arsitektur Turing tersebut hadir dengan CUDA Core serta RT Core yang dapat menghadirkan kualitas visual luar biasa berkat dukungan teknologi ray tracing. GeForce RTX juga sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi terbaru tersebut membuat jajaran laptop terbaru ROG mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru di industri laptop gaming.

Tampilan visual terbaik tidak hanya dihadirkan melalui dukungan GPU terbaik saja. Selain itu ASUS ROG bekerja sama dengan produsen layar ternama untuk menghasilkan layar terbaik di laptop gaming. Semua laptop ROG yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX sudah dilengkapi dengan layar 144Hz dan response time 3ms grey-to-grey (GTG) yang bisa mengakomodasi performa GPU GeForce RTX yang sangat kencang, bahkan bisa menghasilkan framerate tiga digit.

Laptop gaming biasanya hanya tampil dengan salah satu teknologi NVIDIA yaitu G-SYNC untuk tampilan visual lebih halus atau NVIDIA Optimus untuk menghemat baterai. Namun di jajaran laptop ROG kali ini, ASUS menghadirkan kedua fitur tersebut. Gamer bisa mengganti penggunaan dua teknologi tersebut hanya dengan beberapa klik dan sekali system reboot saja.

Prosesor Intel Core generasi ke-8 atau Coffe Lake merupakan prosesor kencang dengan konfigurasi hingga 6 core dan 12 thread, membuatnya ideal untuk digunakan sebagai laptop gaming sekaligus powerful untuk multitasking. Laptop ROG RTX kali ini juga hadir dengan berbagai system profile yang memungkinkan gamer mengganti dari mode Silent ke mode Performace dengan sangat mudah.

Dukungan hardware kelas atas juga harus dilengkapi dengan sistem pendingin yang sangat baik agar performanya optimal. Untuk itulah ASUS menghadirkan sistem pendingin khusus di jajaran laptop ROG RTX. Setiap laptop ROG RTX hadir dengan kipas 12V yang dapat menghasilkan aliran udara lebih baik dari kipas 5V yang digunakan di generasi sebelumnya. Selain itu, sistem pendinginnya sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-Dust yang telah dipatenkan, membuat performa laptop gaming ini tetap stabil meski dalam penggunaan jangka panjang.

Pengaturan hardware dan performa pada lini laptop ROG RTX bisa dilakukan secara real-time melalui aplikasi Armoury Crate terbaru. Aplikasi pengganti ROG Gaming Center tersebut menghadirkan tampilan yang lebih intuitif dan mudah digunakan. Armoury Crate bisa dikatakan sebagai command center untuk para gamer yang menggunakan laptop ini.

Lini laptop ROG RTX tidak hanya menghadirkan GPU NVIDIA GeForce RTX dan fokus ke performa. Laptop gaming terbaru ini telah dirancang secara khusus untuk mengakomodasi kebutuhan gamer bermain game dalam jangka waktu panjang. Kenyamanan penggunaan yang dihadirkan melalui desain ergonomis merupakan salah satu keunggulan yang ada di jajaran laptop ROG RTX.

Keyboard adalah salah satunya. Lini laptop ROG RTX tampil dengan keyboard khusus yang menyajikan pengalaman penggunaan layaknya keyboard gaming pada PC desktop. Beberapa tombol juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan gamer, seperti tombol spasi yang lebih lebar serta tombol function yang dipisah.

Setiap tombol pada laptop ROG RTX memiliki respon yang sangat cepat berkat teknologi Overstroke, membuat gamer dapat beraksi lebih lincah di dalam game. Tombol tersebut juga dilengkapi dengan fitur anti-ghosting sehingga tidak akan ada input yang tertinggal atau tertukar ketika keyboard digunakan dengan kecepatan tinggi.

Untuk mendukung semua komponen dan hardware premium yang ada di lini laptop ROG RTX, ASUS menanamkan memori DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD yang kencang. Kebutuhan konektivitas pada lini laptop ROG RTX didukung oleh Gigabit WiFi 802.11ac Wave 2 yang lebih kencang dan memiliki jangkauan lebih luas. Tidak hanya itu, teknologi RangeBoost membuat sinyal WiFi lebih stabil, sehingga tidak akan mengganggu sesi bermain.

Jajaran laptop ROG RTX juga sudah dilengkapi dengan sistem audio yang dirancang khusus untuk bermain game. Setiap laptop ROG RTX memiliki speaker yang diposisikan terpisah dari sumber panas sehingga tidak mudah rusak. Didukung dengan SonicStudio III, pengguna bisa mengatur sistem audio dan melakukan konfigurasi sesuai dengan yang diinginkan termasuk pada penggunaan perangkat khusus seperti headset VR.

Jika ada sebuah laptop gaming yang sangat bertenaga, ROG G703 adalah jawabannya. Versi terbaru yang sudah ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce RTX ini juga hadir dengan prosesor ultra-kencang yaitu Intel Core i9 versi factory overclocked. Masih tampil dengan berbagai keunggulan dari generasi sebelumnya, ROG G703 memiliki sistem pendingin sempurna sehingga memastikan performa stabil di segala kondisi.

ROG G703 menggunakan layar dengan panel IPS-level yang memiliki refresh rate hingga 144Hz, 3ms grey-to-grey (GTG) response time, serta dukungan teknologi NVIDIA G-SYNC untuk pengalaman bermain super lancar tanpa stuttering dan tearing bahkan di pengaturan grafis tertinggi. ROG G703 juga hadir dengan teknologi penyimpanan HyperDrive Extreme yang mengkombinasikan tiga NVMe PCIe SSD pada konfigurasi RAID 0  sehingga bisa menghadirkan kecepatan baca hingga 8700MB/s, tercepat di antara semua laptop gaming yang ada hingga saat ini.

Meski masih menggunakan desain laptop gaming tradisional, ROG G703 tetap bisa diandalkan sebagai perangkat bergerak. Laptop ini tetap bisa digunakan di atas pangkuan penggunanya dan tetap tampil layaknya sebuah laptop. Di sisi lain, ROG G703 merupakan laptop gaming dengan performa kelas desktop yang dapat melahap semua game terkini tanpa kompromi.

Menghadirkan hardware kelas high-end ke dalam bodi laptop yang super ringkas sangatlah sulit, terutama jika laptop tersebut merupakan laptop gaming paling tipis di dunia. Namun berkat inovasi para engineer ASUS, ROG Zephyrus berhasil tampil dengan bodi super ringkas dan mengusung hardware premium di dalamnya. ROG Zephyrus terbaru memiliki ketebalan hanya 15mm dan mengusung layar hingga 17 inci dengan bezel super tipis. Berkat bodinya yang sangat ringkas, ROG Zephyrus mudah dibawa bepergian, bahkan disimpan di dalam tas laptop standar. 

Meski bodinya sangat ringkas, ROG Zephyrus memiliki spesifikasi yang bahkan bisa disetarakan dengan PC desktop. Selain menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX, ROG Zephyrus juga ditenagai oleh prosesor kencang, yaitu hingga Intel Core i7 generasi ke-8 dan dilengkapi dengan layar 144Hz untuk tampilan grafis yang sangat mulus. Selain ROG Zephyrus, ASUS juga menghadirkan varian yang lebih ringkas yaitu Zephyrus S namun tetap mengusung spesifikasi serta fitur premium seperti saudaranya.

ROG Strix merupakan laptop gaming kelas middle ground yang diposisikan antara laptop gaming kelas desktop serta laptop gaming ultra tipis, atau dengan kata lain laptop ini berada di antara ROG G703 dan ROG Zephyrus. ROG Strix mengkombinasikan performa, portabilitas, dan desain yang akan membuat penggunanya tampil berbeda. Selain itu, laptop ini sudah menggunakan layar dengan bezel ultra tipis membuat gamer dapat merasakan sensasi bermain game tanpa batas.

ROG Strix terbaru hadir dengan keyboard kelas desktop yang dilengkapi beberapa tombol khusus untuk mengakses fitur eksklusifnya. RGB LED yang dihadirkan di keyboard, bagian belakang layar, serta bagian depan laptop ini membuatnya tampil berbeda di antara laptop gaming lainnya. Sistem RGB LED tersebut diatur menggunakan teknologi Aura Sync yang dipenuhi dengan fitur kustomisasi.

Didesain sebagai laptop gaming andalan para gamer, ROG Strix terbaru hadir dengan prosesor Intel Core i7 serta GPU NVIDIA GeForce RTX. Kombinasi keduanya menjamin pengalaman bermain game yang maksimal. Apalagi dengan dukungan layar 144Hz yang memiliki response time 3ms grey-to-grey (GTG), menjadikan laptop ini cocok untuk para gamer eSports profesional.

Ada dua varian ROG Strix terbaru kali ini, yaitu ROG Strix SCAR II dan HERO II. ROG Strix SCAR II ditujukan untuk gamer penggemar game First Person Shooter (FPS). Laptop tersebut hadir dengan desain khusus bernuansa militer dan tombol WASD khusus menandakan bahwa laptop ini dirancang untuk menaklukan medan perang. ROG Strix SCAR II juga hadir dalam varian layar 15 inci dan 17 inci.

Sementara ROG Strix HERO II terbaru hadir dengan layar 15 inci dan dirancang khusus untuk gamer penggemar game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Berbeda dengan SCAR II, ROG Strix HERO II memiliki desain khas MOBA dengan tampilan tombol QWER khusus untuk memudahkan gamer dalam mendominasi arena permainan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Sabtu, 23 Maret 2019 - 09:00 WIB

Bandara Kualanamu Jadi Hub Penerbangan Domestik Barat

Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmen pengembangan Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan domestik wilayah Barat dan wilayah Asia Tenggara.

Siloam Hospitals Manado Sellengarakan Talkshow Pencegahan dan Penanganan Stroke

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:33 WIB

Siloam Hospitals Manado Sellengarakan Talkshow Pencegahan dan Penanganan Stroke

Penyakit dapat muncul dan terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia dan kelamin sehingga akan mengganggu kualitas hidup seseorang termasuk stroke.

Ilustrasi Tes SBMPTN

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:11 WIB

Sambut Pelaksanaan Ujian SBMPTN, Pintaria Hadirkan Try Out SBMPTN Online Gratis

Menyambut pelaksanaan ujian SBMPTN, Pintaria sebagai portal edukasi yang berfokus pada , menyelenggarakan Try Out SBMPTN online secara gratis yakni sebanyak 3 (tiga) paket soal yang bisa diakses…

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:00 WIB

5,98 Juta Tenaga Kerja Bergabung di Industri Hasil Tembakau

Industri Hasil Tembakau (IHT) menyerap 5,98 juta tenaga kerja, yang terdiri atas 4,28 juta pekerja di sektor manufaktur dan distribusi, serta sisanya 1,7 juta pekerja di sektor perkebunan.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.