Inilah ROG Zephyrus S GX701, Laptop Gaming 17 inci Yang Ringkas dan Powerful

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Januari 2019 - 10:27 WIB

ROG Zephyrus S GX701
ROG Zephyrus S GX701

INDUSTRY.co.id - Jakarta – ASUS mengumumkan ROG Zephyrus S GX701, sebuah laptop gaming ultra-tipis yang dirancang khusus untuk gamer hardcore dengan dukungan performa terbaik dari GPU NVIDIA GeForce RTX Max-Q dan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8.

ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan layar berukuran 17 inci yang memiliki refresh date 144Hz, response time 3ms grey-to-grey (GTG), serta bezel yang sangat tipis. Teknologi NVIDIA G-SYNC dan Optimus, serta layar standar PANTONE Validated membuat laptop ini tidak hanya ditujukan untuk gamer tetapi juga para content creator.

“ASUS ROG Zephyrus S GX701 merupakan laptop gaming 17 inci paling tipis dan ringkas di dunia. Meski bodinya sangat ramping dan tipis, ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan spesifikasi premium dan dipastikan bisa menjalankan semua game terkini.” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (9/1/2019).

Meski tampil dengan spesifikasi yang baik dan layar yang lebih besar, ROG Zephyrus S GX701 masih tetap tampil dengan bodi yang sangat ramping. Bisa dikatakan laptop ini lebih immersive, powerful, dan versatile dibandingkan dengan seri laptop Zephyrus sebelumnya.

Ditenagai GPU powerful NVIDIA GeForce RTX 
Menghadirkan performa tinggi hingga dapat menampilkan framerate yang tinggi di dalam game tentunya memerlukan GPU yang powerful. Untuk itulah ROG Zephyrus S GX701 dilengkapi oleh GPU NVIDIA terkini, yaitu hingga GeForce RTX 2080 Max-Q.

GPU dengan arsitektur Turing terbaru tersebut mampu menghadirkan kulaitas grafis yang sangat realistis berkat dukungan teknologi real-time ray tracing yang diproses oleh CUDA Core, Tensor Core, dan RT Core. Hingga saat ini tidak ada GPU pada laptop yang bisa memproses ray tracing secara treal-time selain seri GeForce RTX.

Untuk menghadirkan performa terbaik, ASUS ROG Zephyrus S GX701 ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8750H CPU yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan Turbo clock hingga 4,1GHz. Prosesor ini mampu menjalankan berbagai aplikasi berat, seperti video editing dan 3D rendering. Selain itu, prosesor ini juga sangat ideal untuk digunakan sebagai mesin untuk bermain game sekaligus multitasking seperti live streaming, recording, dan voice chat.

ASUS ROG Zephyrus S GX701 didukung oleh RAM DDR4-2666 berkapasitas hingga 24GB untuk kebutuhan multitasking tanpa hambatan. Sementara untuk penyimpanan, laptop gaming ini mengandalkan NVMe SSD dengan kapasitas hingga 1TB. NVMe SSD tersebut menggunakan empat lane PCI Express 3.0 sehingga memiliki kecepatan transfer data yang lebih kencang dan optimal.

ASUS berhasil membuat laptop gaming pertama yang dapat diisi ulang dayanya melalui DC atau USB Type-C, dan fitur tersebut kembali dihadirkan di ROG Zephyrus S GX701. Fitur ini membuat ROG Zephyrus S GX701 dapat difungsikan sebagai laptop sehari-hari dan diisi melalui charger USB Type-C 65W yang memiliki ukuran jauh lebih kecil dari charger DC bawaannya.

Kehadiran modul WiFi 5 (802.11ac) dari Intel juga membuat ROG Zephyrus S GX701 semakin bisa diandalkan. Modul WiFi 2x2 MU-MIMO tersebut dapat menghadirkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi jika dipasangkan dengan router high-end seperti ROG Rapture GT-AC5300. Teknologi RangeBoost juga melengkapi laptop ini, memungkinkannya terus dapat terkoneksi dengan router tanpa hambatan meski jarak router dengan laptop ini cukup jauh.

Teknologi Smart Amplification hadir di ROG Zephyrus S GX701 untuk meningkatkan kualitas audio. Teknologi tersebut memungkinkan dua speaker built-in 2,5W menghasilkan suara yang lebih kencang dengan tingkat distorsi yang lebih rendah. Untuk mengakomodasi gamer yang suka menggunakan headset, Zephyrus S GX701 juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm serta port USB Type-A dan Type-C.

Sebagai laptop gaming paling ringkas di kelasnya, Zephyrus S GX701 dapat disimpan dengan mudah ke dalam tas laptop konvensional. Hal tersebut berkat dimensinya yang sangat ringkas dengan ketebalan hanya 18,7mm saja.

Layar premium untuk bermain game dan bekerja Sejak seri laptop Zephyrus diperkenalkan, ASUS terus menciptakan inovasi dan membawa berbagai teknologi terbaik ke dalam lini laptop gaming tipis ini, salah satunya adalah teknologi layar premium. ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan layar yang memiliki refresh rate 144Hz dengan response time 3ms grey-to-grey (GTG). Spesifikasi layar tersebut merupakan standar gaming premium dan mampu menghasilkan tampilan visual mulus tanpa stuttering dan tearing.

Tidak hanya untuk bermain game, layar Zephyrus S GX701 juga sangat cocok untuk para content creator. Layar pada laptop ini sudah dikalibrasi secara khusus sehingga memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi. Selain itu, Zephyrus S GX701 juga sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Color Validation yang merupakan standar bagi para content creator.

Bodi laptop yang sangat ringkas membuat ruang untuk pendingin semakin kecil dan menimbulkan risiko overheat. Untuk itulah ASUS ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan sistem pendingin yang sudah dirancang khusus untuk menghadirkan performa optimal sepanjang waktu. Menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS), Zephyrus S GX701 dapat memiliki ruang pendinginan yang lebih lega. Tidak hanya itu, sirkulasi udara juga dilakukan melalui rongga pada keyboard untuk pendinginan yang lebih optimal. Ditenagai oleh dua kipas dan empat heatsink khusus, Zephyrus S GX701 mampu beroperasi secara optimal tanpa risiko overheat.

ASUS juga menyertakan teknologi Anti-Dust Cooling System yang memungkinkan debu dan partikel kecil lainnya agar bisa dibuang langsung keluar tanpa menyumbat jalur pendinginan. Dengan teknologi yang telah dipatenkan ini, Zephyrus S GX701 dapat beroperasi lebih lama dan lebih optimal karena tidak memiliki debu yang menyumbat sistem pendinginnya.

Untuk menambah performa pendinginannya, ASUS menyematkan algoritma khusus yang akan merespons langsung terhadap perubahan suhu di komponen Zephyrus S GX701. Algoritma tersebut akan mengatur kecepatan kipas sesuai dengan kondisi suhu komponen Zephyrus S GX701 secara real-time. Pengguna juga bisa mengatur kecepatan kipas laptop gaming ini secara manual jika diperlukan.

Webcam terpisah untuk hasil rekam maksimal
Bezel yang sangat tipis pada ROG Zephyrus S GX701 hanya menyisakan ruang yang sangat sedikit untuk webcam. Untuk itulah tim R&D ASUS menghadirkan solusi berupa kamera terpisah yang bisa dipasang di atas layar. Berdasarkan riset, kamera terpisah ini menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih baik daripada kamera terintegrasi yang memiliki kualitas lebih buruk. Kamera terpisah pada Zephyrus S GX701 mampu merekam video beresolusi Full HD dengan framerate 60fps.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.