BI: Optimisme Konsumen Desember 2018 Menguat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 Januari 2019 - 08:19 WIB

Bank Indonesia
Bank Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Desember 2018 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen terus menguat, yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang sebesar 127,0, meningkat dibandingkan dengan 122,7 pada bulan sebelumnya.

"Sementara secara triwulanan, rata-rata IKK triwulan IV-2018 sebesar 123,0, lebih tinggi dibandingkan dengan 122,9 pada triwulan sebelumnya. Secara keseluruhan pada 2018, rata-rata IKK sebesar 123,6, lebih tinggi dari rata-rata tahun sebelumnya," demikian info Departemen Komunikasi BI di Jakarta, Selasa (8/1/2019)

Dijelaskan, peningkatan keyakinan konsumen itu ditopang perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan. Persepsi konsumen yang membaik tercermin dari peningkatan pembelian barang tahan lama.

Sementara itu, optimisme terhadap kondisi ekonomi ke depan terutama didukung oleh ekspektasi kegiatan usaha. Peningkatan keyakinan konsumen terjadi pada seluruh tingkat pengeluaran responden dan secara spasial kenaikan keyakinan konsumen terjadi pada sebagian besar kota yang disurvei.

Hasil survei, katanya, juga menunjukkan tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang atau Maret 2019 diperkirakan meningkat dibandingkan dengan tekanan harga pada bulan sebelumnya.

Peningkatan itu terutama disebabkan oleh adanya kekhawatiran konsumen terhadap potensi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya BBM nonsubsidi. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga tiga bulan yang akan datang sebesar 175,2, meningkat dari 174,1 pada bulan sebelumnya.

Sementara pada enam bulan mendatang atau Juni 2019, konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat disebabkan oleh permintaan yang meningkat selama bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. Hal itu tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga enam bulan mendatang dari 175,1 pada bulan sebelumnya menjadi sebesar 176,7. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…