BNI Salurkan BPNT kepada 840.000 Keluarga Jawa Bali

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Februari 2017 - 02:40 WIB

PT. Bank Negara Indonesia (BNI)
PT. Bank Negara Indonesia (BNI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Negara Indonesia siap menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang baru diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo kepada 840.000 keluarga penerima manfaat di wilayah Jawa dan Bali.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, menyebutkan penyaluran akan dilaksanakan melalui Agen46 BNI yang saat ini jumlahnya terus berkembang.

Baiquni menjelaskan sistem yang dipakai dalam penyaluran BPNT ini menggunakan kartu multifungsi, yaitu sebagai e-wallet yang dapat menyimpan data penyaluran bantuan serta berfungsi sebagai kartu tabungan.

Dengan sistem ini, BPNT akan langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat dan hanya dapat digunakan untuk membeli barang sesuai program yang ditetapkan pemerintah.

Sistem ini juga memiliki pengawasan berupa Dashboard yang bersifat jaringan untuk pemantauan, penyaluran, dan penyerapan bantuan sosial serta rekonsiliasinya.

Selain itu, sistem tersebut dapat diakses untuk kepentingan secara nasional sampai dengan tingkat desa.

"Untuk pengembangan ke depan, metode ini dapat diterapkan untuk penyaluran bantuan sosial atau subsidi lainnya seperti pupuk, elpiji, sehingga dapat ikut mendukung program pemerintah," ujar Baiquni.

Para penerima BPNT dapat mendatangi Agen46 BNI atau agen-agen Branchless Banking lain dari Bank Himbara (Himpunan Bank-Bank Negara) untuk memanfaatkan bantuan pangan tersebut.

BPNT merupakan program pemerintah yang penyalurannya hanya bisa dicairkan dalam bentuk komoditas pangan dan tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang.

Bantuan ini hanya dapat dicairkan menjadi beras bersubsidi sebanyak 10 kilogram dan gula sebanyak 2 kilogram atau senilai Rp110.000 per penerima.

BPNT juga dapat dicairkan melalui Rumah Pangan Kita (RPK) yang dikelola Bulog dan Warung Gotong Royong Elektronik (E-Warong) yang dioperasikan oleh koperasi di bawah koordinasi Kementerian Sosial.

Saat ini, jaringan agen Bank Himbara mencapai lebih dari 165.000 agen yang cukup banyak dan luas sehingga dapat mengakomodiasi penyaluran beragam bantuan sosial.

Menurut rencana, pada 2017, sebanyak 1,2 juta orang penerima manfaat yang berada di 44 kota akan menerima BPNT senilai Rp1,4 triliun melalui Bank Himbara.

Penyaluran BPNT pada Kamis (23/2) dilakukan secara serentak di 30 kota, yaitu Bandung, Banjar, Cirebon, Cimahi, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Tegal, Surabaya, Denpasar, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

Selain itu, Tangerang Selatan, Cilegon, Serang, Tangerang, Bekasi, Jakarta Timur, Blitar, Kediri, Malang, Pasuruan, Magelang, Surakarta, Yogyakarta, Sukabumi, Depok, Probolinggo, dan Madiun.

Empat Bank Himbara yang menjadi penyalur bantuan ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…