Pergerakan Penumpang di Bandara Banyuwangi Meningkat 92 Persen

Oleh : Ridwan | Selasa, 08 Januari 2019 - 10:15 WIB

Bandara International Banyuwangi (BIB)
Bandara International Banyuwangi (BIB)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi, Aksesibilitas udara Kabupaten Banyuwangi semakin mumpuni.  Hal ini dibuktikan dengan tingginya pergerakan penumpang di Bandara Internasional Banyuwangi (BIB). Selama 2018 lalu, penumpang bandara yang berada di Desa dan Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, meningkat 92%. 

PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jumlah pergerakan penumpang di bandara paling ujung Timur Pulau Jawa ini mencapai 366.155 penumpang di tahun 2018. Padahal di tahun 2017 bandara ini hanya melayani 190.369 penumpang. 

"Ini membuktikan Banyuwangi semakin dikenal. Selain itu bandara ini menjadi hub bagi wilayah sekitar Banyuwangi. Banyak masyarakat dari sekitar Banyuwangi yang memanfaatkan moda transportasi udara, seperti Jember dan Situbondo," ujar Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Banyuwangi, Anton Marthalius (7/1) kemarin. 

Torehan positif tidak hanya dibukukan oleh peningkatan jumlah penumpang. Jumlah aktivitas pesawat di BIB juga terkatrol naik.  Pada tahun 2017 bandara ini tercatat melayani 2967 pergerakan pesawat. Sementara di tahun 2018, naik menjadi 4782 pergerakan pesawat. Maskapai yang hadir pun kini semakin banyak. Mulai dari Batik Air, Citilink, Nam Air, Garuda Indonesia hingga Wings Air. 

"Pergerakan pesawatnya naik sekitar 61%. Jumlah maskapai juga semakin banyak. Kemarin kita ada tambahan Batik Air dan Citilink dengan penerbangan Internasional rute Kuala Lumpur-Banyuwangi," tambahnya. 

Bukan itu saja, berbagai fasilitas tambahan pun semakin membuat BIB semakin mumpuni. Apalagi BIB kini telah dilabeli sebagai bandara internasional. Mulai dari perluasan Apron dari 3 Parking Stand (PS) atau parkir pesawat menjadi 9 PS. Selain itu ada juga penguatan PCN (Pavement Clasification Number) RunWay dari 37 ke 56. Sehingga secara otomatis dapat didarati pesawat A-320.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, hadirnya BIB menjadi berkah bukan saja bagi Banyuwangi tetapi juga wilayah sekitarnya. Manfaat keberadaannya tidak hanya dirasakan oleh warga Banyuwangi saja. Melainkan warga Jember, Bondowoso, Situbondo dan Bali Barat. 

"BIB telah menjadi hub bagi wilayah sekitar. Keberadaannya memberikan manfaat secara luas. Sekaligus mengangkat sektor pariwisata. Ini merupakan kerja keras seluruh stakeholder yang ada," ujarnya.

Pertumbuhan signifikan BIB tak pelak membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya pun bahagia. Kerja kerasnya yang ikut mendorong BIB berkembang pesat terbayar sudah. Sedari awal Menpar Arief memang memprediksikan BIB akan menjadi tourism hub airport bagi wilayah sekitar Banyuwangi.

"Pengembang pariwisata itu tak lepas dari intregritas antar daerah. Dimana kelancaran aksesibilatas menjadi kuncinya. Ini yang terus kita dorong untuk mengembangkan pariwisata di daerah sekitar Banyuwangi," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.