Festival Krakatau 2019 Dipastikan Tetap Berlangsung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Januari 2019 - 10:00 WIB

Festival Gunung Krakatau (Foto Dok Industry.co.id)
Festival Gunung Krakatau (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung - Pemerintah Provinsi Lampung tetap akan menggelar Festival Krakatau 2019, kendati tsunami Selat Sunda  pada Sabtu (22/12/2018) ) lalu telah menerjang kawasan pesisir Lampung dan Banten.
       
"Festival Krakatau merupakan agenda rutin Pemerintah Provinsi Lampung. Bahkan sudah masuk kalender pariwisata nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto, di Bandarlampung, Selasa(8/1/2019)

Ia menyebutkan, rangkaian kegiatan seperti pada Festival Krakatau sebelumnya juga akan tetap digelar, termasuk mengunjungi Gunung Anak Krakatau.

Menurutnya, mengunjungi GAK akan menjadi daya tarik sendiri terutama wisatawan untuk melihat secara langsung pascaerupsi yang menyebabkan tsunami.

Namun demikian, lanjutnya, Pemprov Lampung akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu, seperti BMKG dan BKSDA setempat.

 "Saya berharap status level GAK akan terus turun dari siaga menjadi waspada. Sehingga pada Festival Krakatau nanti wisatawan dapat mengunjungi gunung tersebut, dengan terlebih dahulu mendapatkan izin pihak terkait," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Lampung Krakatau Festival 2018 dihadri lebih dari 30.000 wisatawan dan akan menyoroti destinasi wisata unggulan di Lampung, seperti Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu dan Taman Nasional Way Kambas. Lampung juga merupakan rumah bagi 64 air terjun dan tujuh taman nasional.

Pengunjung di festival ini bisa mendaftar untuk berwisata ke Anak Krakatau dan pantai terdekat seperti Tangkil dan Mutun.

Salah satu dari tiga kegiatan utama di Lampung Krakatau Festival (LKF) 2018 adalah Pesona Kemilau Sang Bumi Ruwa Jurai dan terdiri dari acara pembukaan, pameran pariwisata, pameran kuliner Lampung, pertunjukan seni dan budaya, pameran foto Lampung Tempo Dulu dan permainan tradisional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi inflasi

Senin, 25 Maret 2019 - 12:20 WIB

Inflasi Jakarta Pada Level Rendah

Jakarta - Stabilitas harga menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi DKI Jakarta. Kerjasama yang erat dan koordinasi yang terjalin antara Bank Indonesia…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 11:53 WIB

Capres Prabowo Subianto: Torang Samua Basudara

Calon Presiden Prabowo Subianto mengawali kampanye terbuka di Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam pidatonya di depan ribuan warga Manado, Prabowo menyatakan pentingnya persatuan dan jangan sampai…

Dealer baru Piaggio Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 11:26 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Wilayah Tangerang dan Selatan Jakarta

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan PT Anugerah Sinergi Pratama membuka diler pertama di tahun 2019 guna memperluas jaringan untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan…

Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel, Wisnu Kuncoro

Senin, 25 Maret 2019 - 11:20 WIB

Terjaring OTT, Kekayaan Direktur Krakatau Steel, Wisnu Kuncoro Capai Rp 14,6 Milyar

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Minggu (24/3/2019) melaporkan harta kekayaan Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel, Wisnu Kuncoro Rp 14.638.045.481.

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 11:17 WIB

BMKG: Equinox, Fenomena Biasa, Masyarakat Dihimbau Tenang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menanggapi beredarnya berita yang menyebutkan adanya fenomena Equinox yang menyebabkan peningkatan suhu ekstrem berakibat sun stroke dan…