Festival Krakatau 2019 Dipastikan Tetap Berlangsung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Januari 2019 - 10:00 WIB

Festival Gunung Krakatau (Foto Dok Industry.co.id)
Festival Gunung Krakatau (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung - Pemerintah Provinsi Lampung tetap akan menggelar Festival Krakatau 2019, kendati tsunami Selat Sunda  pada Sabtu (22/12/2018) ) lalu telah menerjang kawasan pesisir Lampung dan Banten.
       
"Festival Krakatau merupakan agenda rutin Pemerintah Provinsi Lampung. Bahkan sudah masuk kalender pariwisata nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto, di Bandarlampung, Selasa(8/1/2019)

Ia menyebutkan, rangkaian kegiatan seperti pada Festival Krakatau sebelumnya juga akan tetap digelar, termasuk mengunjungi Gunung Anak Krakatau.

Menurutnya, mengunjungi GAK akan menjadi daya tarik sendiri terutama wisatawan untuk melihat secara langsung pascaerupsi yang menyebabkan tsunami.

Namun demikian, lanjutnya, Pemprov Lampung akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu, seperti BMKG dan BKSDA setempat.

 "Saya berharap status level GAK akan terus turun dari siaga menjadi waspada. Sehingga pada Festival Krakatau nanti wisatawan dapat mengunjungi gunung tersebut, dengan terlebih dahulu mendapatkan izin pihak terkait," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Lampung Krakatau Festival 2018 dihadri lebih dari 30.000 wisatawan dan akan menyoroti destinasi wisata unggulan di Lampung, seperti Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu dan Taman Nasional Way Kambas. Lampung juga merupakan rumah bagi 64 air terjun dan tujuh taman nasional.

Pengunjung di festival ini bisa mendaftar untuk berwisata ke Anak Krakatau dan pantai terdekat seperti Tangkil dan Mutun.

Salah satu dari tiga kegiatan utama di Lampung Krakatau Festival (LKF) 2018 adalah Pesona Kemilau Sang Bumi Ruwa Jurai dan terdiri dari acara pembukaan, pameran pariwisata, pameran kuliner Lampung, pertunjukan seni dan budaya, pameran foto Lampung Tempo Dulu dan permainan tradisional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.