Berikut Ini 20 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 06 Januari 2019 - 14:34 WIB

 Maskapai Asal Irlandia, VivaColombia (Foto:http://www.irelandiaaviation.ie)
Maskapai Asal Irlandia, VivaColombia (Foto:http://www.irelandiaaviation.ie)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Situs pemeringkat keselamatan dan penilaian maskapai penerbangan AirlineRatings kembali merilis daftar nama maskapai paling aman di dunia untuk tahun 2019.

AirlineRating menganalisis data 405 maskapai dari seluruh dunia untuk menyusun daftar 20 maskapai dengan keamanan terbaik. Penilaian dilakukan dengan menggunakan 12 kriteria terpisah, termasuk audit dari pemerintah dan asosiasi penerbangan.

Selain itu, AirlineRatings juga mempertimbangkan catatan kecelakaan dan insiden serius setiap maskapai, ditambah usia armada pesawat dan profitabilitas.

Untuk tahun 2019, AirlineRatings mendaulat maskapai asal Australia, Qantas sebagai maskapai paling aman. Unggul di antara maskapai pesaing lainnya.

"Qantas adalah pemenang yang jelas, mereka pemimpin terdepan dalam inovasi keselamatan di industri penerbangan," kata Editor in Chief AirlineRatings Geoffrey Thomas, dilansir dari CNN Travel, Sabtu (5/1/2019).

Dalam memilih Qantas sebagai maskapai paling aman, editor AirlineRatings menggarisbawahi performa yang dipertahankan maskapai tertua di dunia tersebut. Selama 98 tahun beroperasi, Qantas terus memperlihatkan rekor yang luar biasa. Hal ini terlihat dari aspek keselamatan yang terus dijaga dan Qantas juga didaulat oleh British Advertising Standards Association sebagai maskapai paling berpengalaman dalam industri penerbangan.

Ini bukan kali pertama Qantas memegang penghargaan maskapai teraman dunia. AirlineRatings juga mendaulat maskapai Negeri Kanguru itu dengan penghargaan yang sama dari 2014 hingga 2017. Sementara pada 2018, AirlineRatings memutuskan memberi penghargaan yang sama terhadap 20 maskapai tanpa membuat peringkat.

Tahun ini pun AirlineRatingns tak membuat peringkat. Mereka hanya menunjuk Qantas sebagai yang paling aman sementara 19 maskapai lainnya disebut berdasarkan urutan abjad.

Berikut adalah 20 maskapai paling aman di dunia 2019 versi AirlineRatings:

1. Air New Zealand

2. Alaska Airlines

3. All Nippon Airways

4. American Airlines

5. Austrian Airlines

6. British Airways

7. Cathay Pacific Airways

8. Emirates

9. EVA Air

10. Finnair

11. Hawaiian Airlines

12. KLM

13. Lufthansa

14. Qantas

15. Qatar Airways

16. Skandinavia Airline System

17. Singapore Airlines

18. Swiss International Air Lines

19. United Airlines

20. Virgin Group (Atlantic dan Australia).

United Airlines kembali masuk daftar setelah absen pada 2018. Adapun maskapai yang gagal mempertahankan posisi pada 2019 setelah adalah Japan Airlines dan Etihad.

"Dua raksasa AS, American Airlines dan United Airlines berada di 20 besar karena mereka telah mengurangi operasi pesawat berusia tua secara signifikan dengan mendatangkan pesawat baru," jelas Thomas.

"Salah satu alasan mengapa Japan Airlines dikeluarkan dari daftar tahun ini adalah karena salah satu pilotnya ditemukan mabuk di Bandara Heathrow," tambahnya. "Etihad juga dikeluarkan karena kerugiannya yang signifikan."

Selain daftar maskapai dengan keamanan terbaik, AirlineRatings juga merilis daftar 10 masakapai berbiaya rendah teraman, berikut nama-namanya berdasarkan urutan abjad:

1. Flybe (Inggris)

2. Frontier (Amerika Serikat)

3. HK Express (Hong Kong)

4. Jetblue (Amerika Serikat)

5. Jetstar Australia / Asia

6. Thomas Cook (Inggris)

7. Volaris (Meksiko)

8. Vueling (Spanyol)

9. Westjet (Kanada)

10. Wizz (Polandia).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.