Sambut Raja Salman, Jokowi Pertama Kalinya Jemput Tamu di Bandara

Oleh : Irvan AF | Kamis, 23 Februari 2017 - 20:22 WIB

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. (Bandar Algaloud - Saudi Kingdom Council - Handout/Anadolu Agency/Getty Images)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. (Bandar Algaloud - Saudi Kingdom Council - Handout/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Untuk pertama kalinya Presiden Joko Widodo akan menjemput langsung tamu negara di Bandara, yang biasanya cukup dilakukan di Istana Kepresidenan, baik itu di Istana Merdeka maupun di Istana Bogor.

Sejarah pertama saat kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud pada 1 Maret 2017, di mana Presiden Jokowi akan langsung menjemput di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

"Kenapa ini dilakukan, karena ketika berkunjung ke Arab Saudi, Presiden Jokowi dijemput di pintu pesawat oleh Raja Salman," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung ketika konferensi pers pada Selasa (21/2).

Menurut Pramono, Presiden Jokowi langsung menjemput ke bandara ini untuk menunjukkan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang sangat dekat, sangat erat dan sangat akrab.

"Kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini sungguh akan merupakan kunjungan kehormatan bagi bangsa Indonesia dan juga sekaligus menunjukkan keakraban, keeratan antara pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi," kata Pramono.

Dalam kunjungannya ini, Raja Salman akan membawa rombongan yang besar, sekitar 1.500 orang, dan akan melakukan kunjungan kenegaraan selama sembilan hari, yakni 1-9 Maret 2017, di mana 1-3 Maret sebagai kunjungan kenegaraan dan 4-9 Maret berlibur di Bali.

"Kunjungan ini membawa rombongan terbesar kurang lebih 1.500 orang, 10 menteri, 25 pangeran," kata Pramono.

Dia juga mengungkapkan bahwa kunjungan Raja Saudi ini sangat bersejarah bagi Indonesia karena kunjungan Raja Arab Saudi terakhir kali ke Indonesia dilakukan pada 1970 atau 47 tahun lalu.

Indonesia dan Arab Saudi akan melakukan penandatanganan kesepakatan, di antaranya penandatanganan investasi perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco, dengan Pertamina untuk pembangunan kilang minyak di Cilacap dengan nilai 6 miliar dolar AS.

Selain itu, juga akan ada project lain yang akan ditandatangani, kurang lebih sebesar 1 miliar dolar AS dan project-project lainnya.

Pramono mengungapkan bahwa Presiden berharap investasi Arab Saudi ini secara keseluruhan dapat sampai dengan 25 miliar dolar AS.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan peningkatan kerja sama ekonomi menjadi agenda utama kunjungan Raja Salman beserta delegasinya ke Indonesia.

"Kerja sama ekonomi menjadi agenda utama Raja Salman beserta delegasi ke Indonesia. Akan banyak, tapi akan saya simpan dulu sampai Raja hadir," kata Menteri Retno usai menghadiri Raker Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (22/2).

Sedangkan Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir menambahkan kunjungan Raja Salman terkait dengan realisasi penambahan kuota haji serta pelindungan WNI baik yang bermukim maupun saat menunaikan ibadah haji dan umrah.

AM fachir berharap kedatangan Raja Salman dan rombongannya yang juga akan berlibur ke Bali selama enam hari akan menjadi promosi tersendiri bagi sektor pariwisata sehingga akan memperbanyak turis-turis dari negara-negara Timur Tengah (Middle East) akan datang ke Indonesia.

"Tentu saja jangan dilihat bahwa kemudian liburan ke Bali itu sesuatu, (tapi lihat) itu (sebagai) promosi luar biasa. Bayangkan, Indonesia menjadi rangkaian kegiatan kunjungan Raja Saudi ke Asia dan Indonesia paling lama," kata Fachir saat mendampingi Pramono Anung konferensi pers, Selasa (21/2).

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap rencana liburan Raja Salman ke Bali akan semakin membuat destinasi Pulau Dewata itu 'naik daun'.

Pamor dan popularitas Bali diyakini langsung menanjak tajam, karena kedatangan tokoh dunia yang sangat berpengaruh seperti Raja Salman dan merupakan promosi yang luar biasa efektif.

Menteri bahkan mengucapkan selamat datang di Indonesia bagi Raja Arab Saudi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…