BMKG Catat 1.587 Kali Gempa Guncang Maluku

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 05 Januari 2019 - 05:51 WIB

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)
BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon mencatat sebanyak 1.587 kali gempa bumi mengguncang Provinsi Maluku sepanjang tahun 2018.

"Sebanyak 61 kali di antaranya dirasakan, tetapi tidak menimbulkan kerusakan fasilitas lainnya," kata Kepala Seksi Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon Andi Ashar, di Ambon, Kamis (3/1/2018)

Ia mengatakan, kejadian gempa mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017, yakni sebanyak 1.392 kali gempa dan yang dirasakan 58 kali gempa.

"Data statistik gempa bumi di wilayah Maluku selama 10 tahun terakhir tercatat bahwa di tahun 2018 merupakan yang terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Andi menjelaskan, gempa yang terjadi di wilayah Maluku disebabkan adanya aktivitas pelepasan energi di zona tumbukan lempeng serta di zona-zona patahan aktif yang ada di wilayah Maluku.

Walaupun terjadi gempa bumi yang cukup banyak, katanya, tetapi gempa yang terjadi tidak menimbulkan kerusakan dan berpotensi tsunami.

"Jumlah gempa yang terjadi di Maluku cukup banyak sepanjang tahun 2018, tetapi tidak menimbulkan kerusakan, bahkan berpotensi tsunami," ujarnya kepada awak media.

Ia menjelaskan berdasarkan magnitudo sepanjang tahun 2018, yang terbanyak di bulan Oktober sebanyak 199 kali, yakni gempa yang dirasakan sembilan kali.

"Gempa yang terjadi dengan kekuatan kurang dari tiga magnitudo sebanyak 97 kali, di antara 3 hingga 5 magnitudo sebanyak 99 kali dan lebih dari 5 magnitudo sebanyak tiga kali," tandas Andi.

Maluku, tambahnya. merupakan wilayah yang rawan gempa dan tsunami, karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia dan bertemu lempeng Pasifik. Pertemuan dua ini membuat terjadinya patahan yang tidak beraturan.

"Karena itu kita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang ketika terjadi gempa dan tak perlu panik, tetapi terus waspada dan mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD setempat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.