BMKG Catat 1.587 Kali Gempa Guncang Maluku

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 05 Januari 2019 - 05:51 WIB

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)
BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon mencatat sebanyak 1.587 kali gempa bumi mengguncang Provinsi Maluku sepanjang tahun 2018.

"Sebanyak 61 kali di antaranya dirasakan, tetapi tidak menimbulkan kerusakan fasilitas lainnya," kata Kepala Seksi Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Ambon Andi Ashar, di Ambon, Kamis (3/1/2018)

Ia mengatakan, kejadian gempa mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017, yakni sebanyak 1.392 kali gempa dan yang dirasakan 58 kali gempa.

"Data statistik gempa bumi di wilayah Maluku selama 10 tahun terakhir tercatat bahwa di tahun 2018 merupakan yang terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Andi menjelaskan, gempa yang terjadi di wilayah Maluku disebabkan adanya aktivitas pelepasan energi di zona tumbukan lempeng serta di zona-zona patahan aktif yang ada di wilayah Maluku.

Walaupun terjadi gempa bumi yang cukup banyak, katanya, tetapi gempa yang terjadi tidak menimbulkan kerusakan dan berpotensi tsunami.

"Jumlah gempa yang terjadi di Maluku cukup banyak sepanjang tahun 2018, tetapi tidak menimbulkan kerusakan, bahkan berpotensi tsunami," ujarnya kepada awak media.

Ia menjelaskan berdasarkan magnitudo sepanjang tahun 2018, yang terbanyak di bulan Oktober sebanyak 199 kali, yakni gempa yang dirasakan sembilan kali.

"Gempa yang terjadi dengan kekuatan kurang dari tiga magnitudo sebanyak 97 kali, di antara 3 hingga 5 magnitudo sebanyak 99 kali dan lebih dari 5 magnitudo sebanyak tiga kali," tandas Andi.

Maluku, tambahnya. merupakan wilayah yang rawan gempa dan tsunami, karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia dan bertemu lempeng Pasifik. Pertemuan dua ini membuat terjadinya patahan yang tidak beraturan.

"Karena itu kita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang ketika terjadi gempa dan tak perlu panik, tetapi terus waspada dan mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD setempat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.