Ini Arti Dari Tarian Pakkuru Sumange Asal Soppeng

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 Februari 2017 - 16:46 WIB

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kabupaten Soppeng yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan ini, memiliki banyak sekali kekayaan alam yang melimpah, wisata alam yang eksotis serta budaya yang masih kental.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci memaparkan tentang tarian khas di daerah Soppeng. Serta mengungkapkan komitmennya agar terus berupaya mempromosikan kebudayaan dan tarian tradisional Soppeng.

"Tarian khas Soppeng ada yang namanya Pakkuru Sumange. Sumange itu sukma, jadi Pakkuru Sumange artinya memanggil sukma. Tarian ini bersimbol tentang kehidupan, agar damai kehidupannya, tenang banyak rezekinya, diberkahi tuhan. Karena belum tentu banyak rezeki tetapi tidak diberkahi Tuhan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci, Jakarta, Rabu (23/2/2017).

Ia juga mengatakan, dari tarian tersebut banyak sekali simbol dan arti-artinya, seperti kapas dan kemiri itu dijadikan lilin yang artinya menerangi apa yang mau diterangi misalnya kehidupan. Jika lilin itu habis tanpa patah atau tertiup insyaAllah kehidupannya bahagia, itu sih kepercayaan orang Bugis.

"Kalau beras ya itu, kan nasi untuk isi perut makanan biasanya. Kalau yang diwadah itu, isinya lauk pauk yang masih mentah, seperti ada bumbu, ikan, telur, garam dan sebagainya," lanjutnya.

Selain makanan dan budaya yang khas, Soppeng juga terkenal akan kain sutera yang unik.

Ia mengungkapkan, dari motif kain khas soppeng itu bermotif kotak-kotak, kalau orang bugis bilang Lobang besar dan Lobang kecil, perbedaannya ya dari motif dan proses pembuatannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…