Ini Arti Dari Tarian Pakkuru Sumange Asal Soppeng

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 Februari 2017 - 16:46 WIB

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kabupaten Soppeng yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan ini, memiliki banyak sekali kekayaan alam yang melimpah, wisata alam yang eksotis serta budaya yang masih kental.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci memaparkan tentang tarian khas di daerah Soppeng. Serta mengungkapkan komitmennya agar terus berupaya mempromosikan kebudayaan dan tarian tradisional Soppeng.

"Tarian khas Soppeng ada yang namanya Pakkuru Sumange. Sumange itu sukma, jadi Pakkuru Sumange artinya memanggil sukma. Tarian ini bersimbol tentang kehidupan, agar damai kehidupannya, tenang banyak rezekinya, diberkahi tuhan. Karena belum tentu banyak rezeki tetapi tidak diberkahi Tuhan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci, Jakarta, Rabu (23/2/2017).

Ia juga mengatakan, dari tarian tersebut banyak sekali simbol dan arti-artinya, seperti kapas dan kemiri itu dijadikan lilin yang artinya menerangi apa yang mau diterangi misalnya kehidupan. Jika lilin itu habis tanpa patah atau tertiup insyaAllah kehidupannya bahagia, itu sih kepercayaan orang Bugis.

"Kalau beras ya itu, kan nasi untuk isi perut makanan biasanya. Kalau yang diwadah itu, isinya lauk pauk yang masih mentah, seperti ada bumbu, ikan, telur, garam dan sebagainya," lanjutnya.

Selain makanan dan budaya yang khas, Soppeng juga terkenal akan kain sutera yang unik.

Ia mengungkapkan, dari motif kain khas soppeng itu bermotif kotak-kotak, kalau orang bugis bilang Lobang besar dan Lobang kecil, perbedaannya ya dari motif dan proses pembuatannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…