Ini Arti Dari Tarian Pakkuru Sumange Asal Soppeng

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 Februari 2017 - 16:46 WIB

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kabupaten Soppeng yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan ini, memiliki banyak sekali kekayaan alam yang melimpah, wisata alam yang eksotis serta budaya yang masih kental.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci memaparkan tentang tarian khas di daerah Soppeng. Serta mengungkapkan komitmennya agar terus berupaya mempromosikan kebudayaan dan tarian tradisional Soppeng.

"Tarian khas Soppeng ada yang namanya Pakkuru Sumange. Sumange itu sukma, jadi Pakkuru Sumange artinya memanggil sukma. Tarian ini bersimbol tentang kehidupan, agar damai kehidupannya, tenang banyak rezekinya, diberkahi tuhan. Karena belum tentu banyak rezeki tetapi tidak diberkahi Tuhan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng, Sulawesi Selatan, Andi Unru Mappajanci, Jakarta, Rabu (23/2/2017).

Ia juga mengatakan, dari tarian tersebut banyak sekali simbol dan arti-artinya, seperti kapas dan kemiri itu dijadikan lilin yang artinya menerangi apa yang mau diterangi misalnya kehidupan. Jika lilin itu habis tanpa patah atau tertiup insyaAllah kehidupannya bahagia, itu sih kepercayaan orang Bugis.

"Kalau beras ya itu, kan nasi untuk isi perut makanan biasanya. Kalau yang diwadah itu, isinya lauk pauk yang masih mentah, seperti ada bumbu, ikan, telur, garam dan sebagainya," lanjutnya.

Selain makanan dan budaya yang khas, Soppeng juga terkenal akan kain sutera yang unik.

Ia mengungkapkan, dari motif kain khas soppeng itu bermotif kotak-kotak, kalau orang bugis bilang Lobang besar dan Lobang kecil, perbedaannya ya dari motif dan proses pembuatannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…