Pantai Pulau Merah Banyuwangi Segera Ditata Lebih Elok

Oleh : Herry Barus | Selasa, 01 Januari 2019 - 17:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok TribunNews)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok TribunNews)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara akan memperkuat kemitraan dengan warga untuk mengembangkan Pantai Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menteri BUMN Rini Soemarno di Banyuwangi, Minggu (31/12/2018), memastikan pantai yang baru ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional itu bakal dipoles dan ditata lebih elok lagi. BUMN yang dipimpin Perum Perhutani bakal mengembangkan pantai tersebut.

Rini didampingi Direktur Utama Perhutani Denaldy Mulino Mauna dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi Pantai Pulau Merah dan sejumlah objek wisata di kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu.

"Kami akan melakukan pengelolaan Pantai Pulau Merah ini dengan memperkuat kemitraan dengan masyarakat sekitar. BUMN telah punya master plan yang nantinya bisa disepakati bersama warga," ujar Menteri Rini melalui staf ahlinya, Wianda Pusponegoro, usai memantau sejumlah titik di Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu pantai menawan di kawasan Banyuwangi sisi selatan yang masuk pengelolaan Perhutani. Pantai berpasir putih itu berhiaskan pulau mungil nan cantik di tengah lautnya.

Pengembangan tersebut, kata Wianda, ditargetkan awal tahun telah bisa dilakukan. "Targetnya pertengahan Januari besok ini sudah bisa groundbreaking atau peletakan batu pertamanya," ujarnya dalam keterangan tertulis Pemkab Banyuwangi.

Untuk pelaksananya, Kementerian BUMN sudah menetapkan PT Patra Jasa sebagai anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak di bidang hospitality. "Tinggal koordinasi dengan para pelaku wisata di sini," kata Wianda.

Pada 2019, Perhutani akan membangun fasilitas di Pantai Pulau Merah antara lain kios UMKM untuk warga sekitar, beach walk, jogging track, dan tempat bermain anak.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam menggerakkan pariwisata daerah.

"Pemerintah pusat, Pak Jokowi, punya concern kuat di bidang pariwisata. Alhamdulillah, setelah pembicaraan dengan teman-teman BUMN, Ibu Menteri BUMN punya komitmen kuat membantu Banyuwangi, termasuk soal pengembangan Pantai Pulau Merah," ujar Anas.

Anas berharap penguatan kemitraan dengan warga mampu menambah kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi wisata. Ini sesuai dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat yang dikembangkan di Banyuwangi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.