Kuatkan Bisnis Logistik, PT Bhanda Ghara Reksa Lakukan Transformasi Digital

Oleh : Hariyanto | Senin, 31 Desember 2018 - 15:16 WIB

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo
Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik terus melakukan penguatan bisnisnya. Salah satunya dengan melakukan transformasi perusahaan untuk menjadi perusahaan logistik digital yang diluncurkan pada Senin (31/12/2018).

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, menjelaskan bahwa sejumlah transformasi mulai dari sistem, bisnis, dan budaya perusahaan, dilakukan BGR Logistics sejak tiga bulan lalu, dan akan mulai dilakukan pada 1 Januari 2019. 

Transformasi yang dilakukan BGR Logistics dari segi sistem diantaranya adalah dengan penerapan sistem Enterprise Resources Planning (ERP) SAP S/4 HANA per 1 Januari 2019, dimana BGR Logisrics bekerjasama dengan PT Sygma Metrasys Solution, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

BGR Logistics juga membangun monitoring untuk gudang yang dinamakan Warehouse Integrated Application (WINA) dan untuk armada, Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA). Dari sisi pelanggan, BGR juga memperbarui website dengan memindahkan domain menjadi www.bgrindonesia.co.id, dan membangun Contact Center Halo BGR 1500-692.  Selain sistem untuk kebutuhan eksternal, BGR Logistics juga membangun sistem informasi internal terkait kepegawaian dan administrasi. 

“Berbagai aplikasi yang dibangun tersebut juga termonitor dalam sebuah aplikasi monitoring yang dikelola oleh Tim IT BGR Logistics. Kami juga membangun Command Center untuk memantau berbagai aplikasi tersebut juga,” jelas Kuncoro.

Lebih lanjut, Kuncoro menerangkan bahwa tidak hanya sistem IT yang dibangun, namun juga dari sisi sumber daya manusia. Hal tersebut terlihat dari budaya perusahaan baru yang telah disiapkan oleh tim Corporate Culture BGR. 

Untuk meningkatkan kapabilitas karyawan, saat ini pun BGR Logistics telah membangunn Training Center yang berada di Kantor Pusat BGR Logistics. 

“Kami menyadari bahwa SDM adalah asset terbesar yang dimiliki perusahaan, maka dari itu kami akan terus meningkatkan kemampuan SDM dengan dibangunnya Training Center ini,” terangnya.

Sebagai penutup, BGR Logistics juga memberikan perhatian khusus kepada kesejahteraan karyawan dengan bekerjasama dengan Mandiri Inhealth memberikan asuransi keseharan dan jiwa bagi seluruh karyawan BGR Logistics. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…