Manjakan Pelanggan, 203 Pesawat Garuda Group akan Dilengkapi WiFi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 30 Desember 2018 - 11:27 WIB

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebanyak 203 unit pesawat yang dimiliki Garuda Indonesia Group akan dilengkapi dengan fasilitasi wifi gratis sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kepada penumpang.

Fasilitas wifi gratis itu meliputi 50 unit pesawat Citilink Indonesia, 103 unit pesawat Garuda Indonesia dan 50 unit pesawat Sriwijaya Air.

"Nanti total ada 203 pesawat di Garuda Indonesia Group yang akan dilengkapi fitur yang sama dengan model bisnis yang sama dengan yang ada di Citilink," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, kemarin.

Citilink sendiri meresmikan fasilitas wifi gratis yang dapat diakses penumpang mulai 28 Desember 2018 di satu unit pesawat milik maskapai berbiaya hemat itu.

Anak perusahaan Garuda Indonesia Group itu bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi, perusahaan infrastruktur yang akan memasang GX Aviation System.

Sistem tersebut merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan.

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

"Khusus di Citilink, kami menargetkan hingga akhir 2019 nanti sudah ada 20 pesawat yang dilengkapi wifi gratis. Seterusnya kita selesaikan 50 pesawat hingga 2020," kata Juliandra.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Mahata Aero Teknologi Muhamad Fitriansyah mengatakan hingga saat ini pihaknya akan fokus menyelesaikan instalasi wifi gratis di pesawat-pesawat milik Citilink Indonesia.

Pasalnya, pihaknya belum mendapatkan jadwal perawatan pesawat terbang milik Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Padahal instalasi baru bisa dilakukan saat pesawat dalam kondisi mendapatkan perawatan rutin.

"Untuk instalasi kami siap. Tapi kami harus melihat dulu jadwal perawatan pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air agar tidak mengganggu operasional mereka," katanya.

Fitriansyah menambahkan, dengan total target 203 pesawat yang akan dipasangi fasilitas wifi, pihaknya akan terlebih dahulu fokus memenuhi kesepakatan tersebut sebelum menawarkan jasa serupa ke maskapai lainnya.

Ada pun untuk biaya investasi, ia mengaku perusahaan merogoh sekitar 40 juta dolar AS untuk pemasangan wifi di 50 unit pesawat.

"Kami sekarang fokus di Garuda Indonesia Group dulu, karena 203 pesawat itu kan banyak, mungkin bisa makan waktu minimal empat atau lima tahun. Kami fokus dulu mengutilisasi semua pesawat di Garuda Indonesia Group," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.