Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Cenderung Meningkat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Desember 2018 - 11:05 WIB

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan (Foto Fresh.com)
Stop Kekerasan Terhadap Perempuan (Foto Fresh.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta,- Deputi Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(KPPPA), Vennetia R Dannes, mengatakan, kekerasan seksual di Indonesia terhadap perempuan dan anak sudah sangat mencemaskan karena cenderung meningkat.

"Masih banyak kasus kekerasan seksual yang tidak dilaporkan atau mungkin diselesaikan di luar hukum karena pertimbangan-pertimbangan lain," katanya saat membuka Diskusi Publik Pembahasan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual di Jakarta, Kamis (27/12/2018)

Vennetia mengatakan, Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional yang dilakukan KPPPA bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2016, terdapat 1.017 perempuan dan anak dari 9.000 sampel mengalami kekerasan seksual.

Selain itu, kekerasan seksual dan eksploitasi seksual terhadap anak yang dilaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia dari Januari hingga April 2017 mencapai 41 kasus.

Sedangkan kompilasi data media elektronik yang dihimpun KPPPA dari Januari hingga Maret 2016 menemukan 74 kasus kekerasan seksual dan eksploitasi seksual.

"Kekerasan seksual bukan hanya dilakukan oleh seorang pelaku, melainkan terkadang beramai-ramai," ujarnya seperti dilansir Antara.

Menurut Vennetia, korban yang umumnya perempuan dan anak mengalami penderitaan lahir dan batin yang berkepanjangan.

Tidak jarang korban mengalami pendarahan dan kerusakan reproduksi hingga meninggal karena mendapatkan perlakuan kejam dan tidak manusiawi.

"Korban kekerasan seksual memerlukan layanan antara lain rehabilitasi kesehatan, rehabilitasi sosial, reintegrasi sosial, pendampingan dan bantuan hukum serta diupayakan penggantian kerugian material maupun immaterial," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MRT Jakarta

Senin, 25 Maret 2019 - 12:35 WIB

Kadin: MRT Mampu Dorong Produktivitas Pekerja Dan Untungkan Dunia Usaha

Moda angkutan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mulai beroperasi pada akhir Maret 2019. Kehadiran transportasi massal ini diperkirakan mampu mendorong produktivitas para pekerja dan menguntungkan…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 12:30 WIB

Optimalisasi Sumber Ekonomi Baru sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau

Optimalisasi sumber ekonomi baru menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, baik nasional maupun daerah. Di Provinsi Riau (Prov. Riau), sektor pertanian dan pertambangan masih menjadi sektor andalan…

Ilustrasi inflasi

Senin, 25 Maret 2019 - 12:20 WIB

Inflasi Jakarta Pada Level Rendah

Jakarta - Stabilitas harga menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi DKI Jakarta. Kerjasama yang erat dan koordinasi yang terjalin antara Bank Indonesia…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 11:53 WIB

Capres Prabowo Subianto: Torang Samua Basudara

Calon Presiden Prabowo Subianto mengawali kampanye terbuka di Kota Manado, Sulawesi Utara. Dalam pidatonya di depan ribuan warga Manado, Prabowo menyatakan pentingnya persatuan dan jangan sampai…

Dealer baru Piaggio Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 11:26 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Wilayah Tangerang dan Selatan Jakarta

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan PT Anugerah Sinergi Pratama membuka diler pertama di tahun 2019 guna memperluas jaringan untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan…