Selama Perayaan Natal 2018, Trafik Layanan Data Indosat Ooredoo Naik Hingga 74.2 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 27 Desember 2018 - 07:51 WIB

Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo berhasil melayani masyarakat dengan baik selama perayaan Natal pada Selasa, 25 Desember 2018, walaupun terjadi peningkatan trafik telekomunikasi secarasignifikan, khususnya untuk trafik layanan data.

Selama masa perayaan Natal, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup signifikan, dimana pada tanggal 25 Desember 2018 trafik data meningkat menjadi 6.824TeraBytes, meningkat sebesar 12,9% dibanding trafik hari  biasa dan meningkat 74,2% dibanding trafik pada hari Natal tahun sebelumnya.

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan sebesar 14,86% dibandingkan trafik hari biasa, sedangkan trafik SMS naik sebesar 8,4% dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa.

“Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan kami, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini," kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (27/12/2018).

"Hal ini tidak lepas dari upaya kami menyiapkan kapasitas jaringan, mengantisipasi kenaikan aktivitas komunikasi masyarakat, terutama dalam menggunakan layanan data. Kami akan terus memastikan keandalan kualitas layanan kami untuk mendukung aktivitas masyarakat di akhir tahun ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik yang biasa terjadi.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…